News

Lagi-lagi Plt Gubernur Tak Hadiri Paripurna Raqan LPJ APBA 2019

Kesal Plt Gubernur Absen, DPRA Tutup Sidang Paripurna Raqan LPJ APBA 2019
Rapat lanjutan dengan agenda Penyampaian dan Pembahasan Rancangan Qanun Aceh tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun Anggaran 2019 di Gedung DPRA setempat, Selasa (1/9/2020). (Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah kembali tak hadir dalam rapat lanjutan paripurna dengan agenda penyampaian dan pembahasan Rancangan Qanun Aceh tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan APBA Tahun Anggaran 2019 di gedung DPR setempat, Selasa (1/9/2020).

Ketidakhadiran orang nomor satu di Aceh itu membuat Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin kembali menunda atau menskor sidang. Usai diskor, sejumlah anggota peserta sidang melakukan interupsi, mereka umumnya meminta agar sidang ditutup.

“Kalau kawan-kawan sepakat rapat ini dilanjutkan hari Jumat silakan. Kalau pendapat pribadi saya hari ini harus tuntas masalah ini,” kata Samsul Bahri alias Tiyong dari Fraksi PNA.

Tiyong mempertanyakan kenapa Plt Gubernur Aceh tak hadir dalam rapat paripurna selama dua hari berturut-turut. Menurutnya, ini adalah upaya eksekutif dalam melumpuhkan lembaga DPR Aceh.

“Kenapa mereka Senin tidak hadir. Ini menjadi pertanyaan kita semua. Ini bukan masalah kurang harmonisnya antara eksekutif dan legislatif. Ini adalah upaya untuk melumpuhkan lembaga DPR, ini yang perlu kita ketahui bersama,” jelas Tiyong.

Sementara, Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin mengatakan, pihaknya mengetahui Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah tak bisa hadir pada sidang paripurna lanjutan ini pada Selasa, 1 September 2020 pagi tadi. Alasannya adalah pada waktu hampir bersamaan, Nova melakukan rapat video conference dengan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, kata Dahlan, dalam surat itu juga disebutkan kalau Nova memiliki agenda pembagian masker Jokowi di sejumlah kabupaten/kota sejak 1 hingga 4 September 2020 mendatang. Oleh karena itu, rapat lanjutan paripurna rencananya diagendakan pada Jumat, 4 September 2020 malam.

“Rapat lanjutan kita agendakan pada Jumat malam pukul 20.00 WIB,” pungkasnya.

Namun, setelah mendapat protes dari sejumlah peserta sidang, skor tersebut kembali dicabut dan peserta sidang menyampaikan pandangan masing-masing.

Saat ini, sidang kembali diskor untuk sementara waktu. Seluruh fraksi maupun pimpinan DPRA sedang berembuk untuk membahas langkah-langkah selanjutnya terkait sidang paripurna Raqan LPJ APBA 2020 itu.

Editor: dani

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: