News

Lewat Rapid Test, Seorang Warga Abdya Positif Corona

Dua Lab PCR Test Covid-19 Belum Dapat Difungsikan di Aceh
Ilustrasi, rapid tes. (Foto: pikiran-rakyat)

ABDYA (popularitas.com) – Seorang pasien di Rumah Sakit Umum Teungku Pekan (RSUTP) Aceh Barat Daya, terindikasi positif corona berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan rumah sakit setempat.

Awalnya pasien diketahui mengalami keluhan gejala ISPA saat datang ke salah satu Puskesmas di wilayah Abdya. Namun, setelah dua hari kondisinya tak kunjung membaik. Kemudian di bawa ke RSUTP untuk menjalani pemeriksaan dan di lakukan rapid test.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Salfiati membenarkan adanya pasien terindikasi positif corona berdasarkan hasil rapid test. Saat ini, kata dia pasien tersebut akan dirujuk ke RS Zainal Abidin, Banda Aceh untuk pemeriksaan lanjutan.

Kata Safliati, pasien tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan pulang dari luar daerah, atau dari kota terjangkit baik dalam maupun luar negeri.

“Tidak ada riwayat perjalanan, memang ada ditubuh mungkin, cuman penularannya dari mana kita belum tahu,” ujar Salfiati, Rabu, 8 April 2020.

Alat rapid test itu, tidak bisa dijadikan pegangan bahwa pasien benar terinfeksi virus corona. Tapi, harus dilakukan pemeriksaan swab pasien, yang dikirim ke Balitbangkes Jakarta. Dari hasil swab itu, nantinya diketahui apakah pasien positif corona atau tidak. (dani)

Shares: