News

Lima pakar USK dikukuhkan menjadi profesor

Ketua Senat Akademik USK, Prof Abubakar mengukuhkan lima profesor baru USK yang berlangsung di gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, (17/11/2023). Foto: USK

POPULARITAS.COM – Universitas Syiah Kuala (USK) melalui Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas mengukuhkan lima profesor baru yang merupakan para pakar dari berbagai bidang keilmuan. Pengukuhan ini dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Universitas (SAU) Prof Abubakar di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Jumat (17/11/2023).

Mereka yang dikukuhkan tersebut adalah Pakar Kimia Analitik Prof. Dr. Eka Safitri, S.Si., M.Si , Pakar Statistika Prof. Dr. Zurnila Marli Kesuma, S.Si., M.Si, Pakar Pemasaran Prof. Dr. Hafasnuddin, SE., MBA, Pakar Ekonomi Makro Prof. Dr. Nazamuddin, SE., MA dan Pakar Ilmu Manufaktur Prof. Dr. Muhammad Rizal, ST., M.Sc.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan dalam sambutannya mengatakan, laju pertumbuhan Profesor di USK dalam beberapa tahun terakhir sangat menggembirakan.
Dalam tahun ini saja, USK sudah mengukuhkan 40 orang profesor, termasuk mereka yang telah dikukuhkan hari ini dan kemarin (Kamis, 16 November 2023) sebanyak lima profesor.

“Dengan demikian jumlah profesor di USK saat ini sebanyak 168 orang atau 9,5% dari jumlah dosen secara keseluruhan. Jumlah ini naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan tiga tahun sebelumnya,” ucap Rektor.

Rektor pun optimis laju pertumbuhan profesor USK ini akan terus meningkat. Mengingat saat ini sudah ada 23 usulan profesor baru yang sedang menunggu keputusan dari Kementerian. Selain itu, saat ini jumlah dosen USK yang berstatus Lektor Kepala berjumlah 432 orang.

Selain dari segi kuantitas, Rektor juga menilai kualitas peneliti atau profesor USK selama ini juga patut dibanggakan. Kepakaran mereka tidak hanya diakui di tingkat nasional tapi juga global.

Misalnya beberapa waktu lalu, tiga dosen USK masuk dalam jajaran 100 peneliti berpengaruh di Indonesia versi Universitas Stanford. Mereka adalah dr. Harapan, DTM&H., M.Infect.Dis, Prof. Dr. Mudatsir, M. Kes dan Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc.

Selain itu, kualitas riset dan inovasi peneliti USK ini juga berhasil meningkatkan reputasi USK di tingkat dunia. Hal ini ditunjukan pada hasil pemeringkatan dari Times Higher Education’s (THE) World University Rankings, yang menempatkan USK dalam jajaran 1.500 kampus terbaik dunia.

“Oleh karena itu, kita semua berharap para profesor USK termasuk yang dikukuhkan hari ini, mampu mengangkat martabat kampus ini, Aceh, Indonesia di pentas dunia melalui kepakaran mereka masing-masing,” ucap Rektor.

Shares: