HukumNews

Mabes Polri limpahkan kasus sabu 149 kg di Pidie Jaya

Tersangka sabu 149 kg saat digiring Jaksa ke mobil tahanan untuk dijebloskan ke dalam penjara, Selasa (23/5/2023). Foto: Kejari Pidie Jaya

POPULARITAS.COM – Markas Besar (Mabes) Polri telah melakukan tahap II perkara dugaan penyelundupan seratusan kilogram narkotika jenis sabu-sabu ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Pidie Jaya.

Pelimpah berkas perkara berikut tersangka dan barang bukti dari penyidik Mabes Polri ke JPU itu dilakukan pada Selasa (23/5/2023).

Diketahui, pada Minggu 22 Januari 2023 beberapa bulan lalu, tim polisi dari Mabes Polri berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu sebarat 149 Kg di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kuala Pasi Kiran wilayah Keurisi Gampong Meunasah Beurembang, Kecamatan Jangka Buya, Kabupaten Pidie Jaya.

Dalam penggagalan peredaran narkotika yang dipasok dari Malaysia tu polisi ikut meringkus lima tersangka, masing-masing J I, Y D, B R, dan T R.

Kasi Intel Kejari Pidie Jaya, Hafrizal menyebutkan, perkara narkotika dalam jumlah besar yang berhasil digagalkan Mabes Polri awal tahun 2023 kini telah selesaikan dilakukan tahap II.

“Usai tahap II, para tersangka langsung kita tahan di Rutan Kelas II Sigli,” kata Hafrizal.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 123 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Sebelumnya diberitakan, Tim Mabes Polri, melakukan upaya penggalan peredaran narkotika jenis sabu sebanyak ratusan kilogram di Pidie Jaya, Aceh. Lewat operasi itu, selain mengamankan barang bukti, para tersangka juga ikut ditangkap.

Dari informasi dan keterangan yang dihimpun popularitas.com, penangkapan ratusan narkotika jenis sabu itu, berlangsung di Kuala Pasi Kiran, Desa Beurembang, Jangka Buya, pada Minggu (22/1/2023).

Dalam operasi itu, selain menangkap empat orang tersangka dan ratusan kilogram Sabu, Mabes Polri juga menyita boat yang digunakan sebagai alat transportasi dalam penyelundupan barang haram tersebut.

Baca: Mabes Polri tangkap penyelundupan sabu ratusan kilogram di Pidie Jaya

Shares: