News

Masuk Islam, ini nama baru petinju Gervonta Davies

Gervonta Davis (kiri) melancarkan pukulan saat berhadapan dengan Ryan Garcia. (AP)

POPULARITAS.COM – Petinju juara dunia kelas ringan versi World Boxing Association (WBA), Gervonta Davis membuat keputusan mengejutkan setelah menjadi Muslim alias berganti agama menjadi Islam, mengikuti jejak sejumlah petinju legendaris Amerika.

Petinju berusia 29 tahun asal Baltimore, Maryland, memilih untuk memulai perjalanan barunya sebagai seorang Muslim dan meresmikan perpindahan agamanya dengan perubahan nama pada 24 Desember 2023 lalu.

Alhasil, petinju berjulukan Tank ini akan dipanggil dengan nama barunya, Abdul Wahid. Pengungkapan ini disampaikan melalui video yang diunggah oleh sesama petinju Badou Jack di X (Twitter) dan ini mewakili langkah besar dalam jalur keagamaannya.

Dia telah mendapat pengakuan positif dari komunitas Islam setelah tersiar kabar tentang keputusannya, dan menerima pesan dukungan di media sosial. Di antara mereka yang memberikan penghormatan adalah mantan juara UFC Khabib Nurmagomedov, yang menyambutnya dengan keyakinan barunya.

“Semoga Allah memudahkan Anda dan membuat Anda tetap di jalan yang lurus. Selamat datang di Islam saudara @Gervontaa,” tulis petarung kelas bulu Rusia itu, dikutip dari beritasatu.com, jaringan popularitas.com, Jumat (29/12/2023).

Gervonta Davis mengikuti jejak Muhammad Ali dan Mike Tyson Davis, yang belum pernah menyatukan gelar juara, tetapi tidak terkalahkan dalam kariernya dengan rekor 29-0. Dalam pertarungan terakhirnya, dia mengalahkan Ryan Garcia dengan knock-out di ronde ketujuh pada April 2023.

Dia belum mengomentari secara terbuka keputusannya untuk pindah agama setelah dia dibesarkan sebagai seorang beragama Kristen. Namun, dia bukanlah petinju pertama yang mengambil langkah masuk Islam.

Kini ia bergabung dengan klub eksklusif yang beranggotakan Muhammad Ali dan Mike Tyson. Ali, yang mengganti namanya dari Cassius Clay, adalah juara paling terkenal dalam olahraga pertarungan di ring ini.

Hal ini menyebabkan pertarungannya yang terkenal melawan Ernie Terrell. Saat itu dia menyebut Ali dengan nama lahirnya, ketika pasangan tersebut masuk ke dalam ring.

Ali akhirnya keluar sebagai pemenang dalam pertarungan yang terjadi pada 6 Februari 1967 tersebut. Ali menundukkan Terrell dengan kemenangan angka mutlak dan mempertahankan gelar juara kelas berat.

Tyson pun memilih mengabdikan dirinya pada Islam. Berbeda dengan Davis dan Ali, ia tidak meresmikan peralihan tersebut dengan memilih nama Muslim. Petinju lain yang juga dikenal sebagai Muslim yang taat adalah Devin Haney, Seperti halnya Davis, petinju kelas ringan berusia 25 tahun ini belum terkalahkan dan mencatat rekor 31 kali bertarung dan selalu menang serta 15 di antaranya dengan knock-out.

Bintang NBA Kareem Abdul-Jabbar adalah atlet terkenal lainnya yang beralih dikenal dengan nama Muslimnya setelah ia dilahirkan sebagai Ferdinand Lewis Alcindor Jr.

Shares: