News

Medan Mulai Terjangkit Corona Antar Masyarakat Lokal

Medan Mulai Terjangkit Corona Antar Masyarakat Lokal
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution (tengah). (ANTARA/HO)

MEDAN (popularitas.com) – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengatakan saat ini Kota Medan telah memasuki masa transmisi lokal penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19.

“Artinya, penyebaran virus corona yang terjadi tidak lagi melalui masyarakat dari luar Kota Medan maupun memiliki riwayat perjalanan dari kawasan pandemi corona, tetapi sudah melalui antarmasyarakat lokal,” katanya di Medan, Jumat (24/4/2020).

Saat ini, kata dia, masanya penularan COVID-19 yang terjadi antarsesama warga Medan (transmisi lokal). Karena itu warga diminta waspada dan tidak boleh main-main karena tidak tertutup kemungkinan kasus COVID-19 di kota-kota lain akan terjadi juga di Kota Medan.

Guna mengatasi transmisi lokal tidak terjadi secara massif, Akhyar menegaskan kepada seluruh warga Kota Medan untuk mengenakan masker, terutama ketika melakukan aktivitas di luar rumah.

“Tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai masker. Apalagi masker saat ini sudah mudah didapatkan. Apabila tidak ada masker, gunakan kain untuk menutupi mulut dan hidung,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada umat Muslim yang ingin melaksanakan shalat berjamaah, untuk tetap memakai masker demi keselamatan bersama.

“Orang yang sehat bisa menjad carrier (pembawa) virus corona bagi orang lain,” ujarnya.[ANT]

Shares: