HeadlineNews

Pasien Positif Corona Bertambah Jadi 9 Orang

Warga Garot, Jawa Barat dari Meulaboh Dirujuk ke RSUZA Diduga COVID-19
Ilustrasi. Simulasi penanganan pasien virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Pasien positif corona atau Covid-19 di Provinsi Aceh bertambah menjadi 9 orang. Kasus terbaru yang diketahui positif adalah berinisial AS (42), warga salah satu desa di Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Berdasarkan keterangan dari Direktur RSUDZA, Azharuddin, AS sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Teungku Peukan Abdya. Karena itu, AS lalu dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh.

Di RSUDZA, petugas mengambil spesimen tenggorokan atau swab pasien As dan dikirim ke Balitbangkes Kemenkes RI di Jakarta. Beberapa hari kemudian, hasil swab AS keluar dan dinyatakan negatif.

Pada waktu bersamaan pula, kondisi AS sudah membaik dan dibolehkan pulang ke kampung halamannya di Abdya. Sebelum pulang, petugas kembali mengambil spesimen tenggorokan AS dan diperiksa di Balitbangkes Aceh di kawasan Siron, Kabupaten Aceh Besar.

Kemudian, hasil pemeriksaan di Balitbangkes Aceh menunjukkan pasien AS dinyatakan positif Covid-19. Hasil pemeriksaan itu diterima pihak RSUDZA pada Jumat, 24 April 2020 sore.

“Awalnya hasil rapid test positif, hasil swab (di Balitbangkes Jakarta) negatif, dan swab ulang (di Balitbangkes Aceh) hasilnya positif,” sebut Azharuddin saat dikonfirmasi, Jumat, 24 April 2020 malam.

Setelah hasil tersebut keluar, kata dia, pasien AS langsung dijemput oleh petugas dan dibawa kembali ke RSUDZA Banda Aceh. Petugas yang menjemput AS juga memakai pakaian standar penanganan Covid-19.

“Petugas yang menjemput pasien tetap sesuai pstandar pengangkutan pasien Covid-19,” pungkasnya.

Sebelumnya, satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) di Banda Aceh dinyatakan positif corona, usai keluarnya hasil swab dari Lab PCR Balitbangkes di Siron, Aceh Besar pada Kamis, 23 April 2020.

Pasien berinisial MS (47) itu berprofesi sebagai aparat keamanan yang bertugas di Banda Aceh. Ia menjadi pasien ke-8 di Provinsi Aceh yang terpapar Covid-19.

Berdasarkan informasi, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. []

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: