NewsOlahraga

Menpora pastikan jadwal PON Aceh-Sumut tidak berubah

Menpora pastikan jadwal PON Aceh-Sumut tidak berubah
Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki saat bertemu dengan Menpora RI Dito Artiredjo guna membahas persiapan pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 di Jakarta, Rabu (7/6/2023). FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Wacana penundaan pelaksanaan PON 2024 Aceh-Sumut tampaknya terbantahkan. Hal tersebut dipastikan oleh Menteri Pemuda dan Olaharga RI Dito Artiredjo saat menerima kehadiran Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Rabu (7/6/2023) di Jakarta.

Kepada Pj Gubernur Aceh, Menpora memastikan dirinya sangat mendukung pagelaran PON Aceh-Sumut serta akan berupaya seoptimal mungkin tidak adanya penundaan even olahraga empat tahunan tersebut.

Saat ini, kata Menpora kepada Pj Gubernur Aceh yang didampingi Ketua PB Kurash Mayjen TNI (Purn) TA Hafil, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Dedy Yuswady, AP serta Sekretaris Umum KONI Aceh, M. Nasir Syamaun, dari hasil evaluasi pihaknya, persiapan sudah mencapai 70 persen.

Nah, jika kemudian ada kekurangan, maka harus kita cari solusinya secara bersama. Menpora juga memastikan bahwa, dirinya telah bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. Arahan Bapak Presiden dirinya diminta untuk menuntaskan berbagai sarana dan prasarana pendukung guna memastikan jadwal PON 2024 berjalan dengan baik, kata Dito Artiredjo.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, dalam hal ini menyampaikan terima kasih kepada Menpora atas dukungannya agar terselenggaranya PON Aceh-Sumut, nantinya.  “Untuk PON 2024 ini kita inginkan harus lebih bagus dari pada PON sebelumnya. Maka waktu yang tersedia kita optimalkan perhatian untuk pembangunan-pembangunan venue,” katanya.

Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengatakan, untuk persiapan serta keperluan penyelenggaraan PON di wilayah, semuanya sudah dilaporkan kepada Menpora. “Secara intens kita komunikasikan terus dengan KONI agar PON di Aceh-Sumut lebih baik dan berjalan sukses,” ujarnya.

Penjabat Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas dukungan renovasi 13 venue olahraga di Aceh. Sebagai Ketua Panitia Besar PON XXI/2024 wilayah Aceh, ia meminta dukungan renovasi besar kolam untuk olahraga selam serta permohonan 80% pengadaan peralatan pertadingan untuk 33 Cabor PON dan 80% peralatan pertandingan untuk Peparnas 2023

Kemudian, tambah Penjabat Gubernur Aceh itu, dirinya juga meminta agar diberikan alokasi anggaran maksimal untuk penyelenggaran PON XXI dan Peparnas 2023 di wilayah Aceh.

Terakhir, terkait stadion utama atau stadion pembukaan PON dan sebagai venue cabor sepak bola, Penjabat Gubernur Aceh mengusulkan pembangunan baru stadion tersebut walaupun di lokasi Stadion Harapan Bangsa. “Pembangunan ini agar menjadi legacy pemerintah Aceh yang bersifat monumental dalam penyelenggaraan PON XXI/2024 Aceh-Sumut, wilayah Aceh,” jelasnya.

Shares: