Headline

Minum kopi bisa perpanjang umur

Minum kopi bisa perpanjang umur

POPULARITAS.COM – Banyak sekali manfaat minum kopi bagi kesehatan, salah satunya bisa memperpanjang usia. Minuman khas dengan aroma wangi dan berwarna coklat hitam tersebut, jadi menu favorit. Bahkan, komoditas perdangan kopi menjadi nomor dua di dunia.

Banyak alasan seseorang minum kopi, selain menjaga kebugaran, karna kopi yang mengadung kafein sangat bagus bagi kesehatan terutama menjaga vitalitas tubuh. WebMD merilis delapan manfaat kopi jika dikonsumsi, berikut ulasannya yang diwartakan beritasatu.com-jaringan popularitas.com, Selasa (7/5/2024).

Meningkatkan fokus

Kafein dalam kopi terbukti meningkatkan kewaspadaan, fokus, dan memori. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein untuk memblokir adenosine, neurotransmitter yang membuat Anda merasa kantuk, dan meningkatkan pelepasan dopamin dan norepinefrin, serta neurotransmitter yang terkait dengan suasana hati dan motivasi.

Melindungi dari penyakit neurodegeneratif

Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit alzheimer, parkinson, dan demensia. Antioksidan dalam kopi, seperti asam klorogenat dan caffeic acid, berperan penting dalam melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Kopi dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh menggunakan gula darah dengan lebih efisien. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, terutama pada orang yang memiliki riwayat keluarga penyakit ini.

Meningkatkan kesehatan jantung

Konsumsi kopi moderat (3-5 cangkir per hari) dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner, strok, dan gagal jantung. Senyawa dalam kopi, seperti cafestol dan kahweol, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kolesterol LDL (jahat).

Membantu turunkan berat badan

Kafein dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dengan lebih efektif. Beberapa penelitian menunjukkan kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan.

Melindungi hati

Kopi dapat membantu melindungi hati dari kerusakan akibat penyakit hati berlemak, sirosis, dan kanker hati. Antioksidan dalam kopi berperan penting dalam menjaga kesehatan hati.

Meningkatkan kesehatan mental

Konsumsi kopi dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan mood. Kafein dan antioksidan dalam kopi dapat meningkatkan produksi neurotransmitter yang terkait dengan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Memperpanjang umur

Beberapa penelitian mengungkapkan peminum kopi secara teratur memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat berbagai penyakit. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi manfaat kopi yang disebutkan di atas.

Manfaat kopi dapat bervariasi tergantung pada individu, seperti jenis kopi yang dikonsumsi, jumlah yang dikonsumsi, dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Konsumsi kopi berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping, seperti kecemasan, insomnia, dan sakit perut. Ibu hamil dan menyusui, anak-anak, serta orang dengan kondisi kesehatan tertentu tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kopi.

Shares: