News

Minyak CPO tumpah di jalan lintas Gunung Kulu, Pj Bupati Aceh Besar : Perusahaan harus tanggungjawab

Minyak CPO tumpah di jalan lintas Gunung Kulu, Pj Bupati Aceh Besar : Perusahaan harus tanggungjawab
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto

POPULARITAS.COM – Tumpahan minyak mentah crude palm oil (CPO) milik perusahaan PKS, kembali terjadi di kawasan jalan lintas Gunung Kulu, Aceh Besar, Rabu (20/12/2023). Akibat dari peristiwa itu, masyarakat pengguna jalan jadi terganggu dan membahayakan aktivitas transportasi.

Menyikapi hal tersebut, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, dalam keterangannya kepada popularitas.com, minta pihak perusahaan CPO atau usaha angkut transporter untuk bertanggungjawab atas kejadian itu.

“Saya ingatkan para pengusaha PKS atau perusahaan jasa angkut untuk tanggungjawab. Ini bukan kejadian pertama,” tegas Muhammad Iswanto.

Ia menyebutkan, peristiwa terjadinya CPO tumpah tersebut, jelas kesalahan dari perusahaan. Karna itu, sebagai bentuk tanggungjawab, mereka harus menyelesaikan persoalan itu.

Bagaimanapun, tukasnya, kejadian itu pasti ada unsur kelalaian dalam penerapan sistem pengangkutan CPO. Akibatnya yang dirugikan masyarakat, sebab hal itu menyebabkan kecelakaan. “Kasihan masyarakat yang dirugikan. Selain berbahaya, warga pengguna jalan juga terganggu jadinya,” tandasnya.

Pj Muhammad Iswanto mengatakan, kejadian yang terus berulang, akan jadi pertimbangan dan evaluasi pihaknya. Selama ini mungkin tidak ada tindakan terhadap para perusahaan itu. Tapi, kedepannya hal tersebut akan jadi bahan pertimbangan pihaknya bersama instansi terkait lainnya guna ada sanksi tertentu. “Selama ini juga masyarakat yang dirugikan tidak tahu harus komplain kemana. Kejadian-kejadian tersebut akan jadi bahan evaluasi kami,” tandasnya.

Shares: