News

KLHK beri penghargaan Proper Hijau untuk PT Mifa Bersaudara

KLHK beri penghargaan Proper Hijau untuk PT Mifa Bersaudara
Ket. Foto: Direktur Operasional MDB Group, Adi Risfandi Mengambil Penghargaan Proper Hijau dari KLHK Republik Indonesia. FOTO : Humas PT Mifa Bersaudara

POPULARITAS.COM – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, beri penghargaan Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Peringkat Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Hari ini, Rabu (20/12/2023).

Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Mifa Bersaudara sebagai satu-satunya industri tambang komoditas batubara di Aceh yang menerima Penghargaan PROPER Peringkat Hijau Periode 2022-2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa Peraihan Proper Peringkat Hijau ini adalah bukti komitmen PT Mifa yang dinilai telah berhasil melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan oleh KLH dan telah mempunyai Keanekaragaman Hayati, Sistem Manajemen Lingkungan, 3R (Reduce, Reuse, Recycle)  Limbah Padat, 3R Limbah B3, melakukan Konservasi, Penurunan Beban Pencemaran Air, Penurunan Emisi, dan Efisiensi Energi serta menciptakan inovasi dalam melakukan pengelolaan lingkungan.

“Kita melihat Peraihan Proper Hijau PT Mifa Bersaudara membuktikan bahwa perusahaan itu telah menerapkan Kaedah Pertambangan Yang Baik ( Good Mining Practice ) serta komitmennya dalam mendukung program pemerintah Aceh terkait efisiensi energi dan penurun emisi, kami berharap semoga tetap semangat terus bersinergi dan konsisten bersama pemerintah Aceh dan ini patut dicontoh untuk industri – industri dan Izin Usaha Pertambanhan lainnya”, ungkap Mahdinur.

Direktur Utama PT Mifa Bersaudara Ricky Nelson secaea terpisah menyampaikan bahwa pihaknya kedepan akan terus komit menjalankan operasionalnya dengan berusaha semaksimal mungkin mengimplementasikan kegiatan ramah lingkungan dengan berbagai improvement sesuai dengan regulasi dan rekomendasi yang telah ditetapkan oleh pihak-pihak terkait.

“Kami juga terus melakukan berbagai improvement dalam upaya efisiensi energi dan penurunan emisi, tercatat 9 program telah kami implementasikan terkait efisiensi energi dan penurunan emisi pada unit Penerimaan Penimbunan Penyaluran yang telah masuk ruang lingkup Kajian Penilaian Daur Hidup (LCA) mengacu berdasarkan SNI ISO 14040:2016 Tentang Penilaian Daur Hidup – Prinsip dan Kerangka Kerja, SNI ISO 14044:2017 tentang Penilaian Daur Hidup – Persyaratan dan Panduan, Peraturan Menteri LHK Nomor 1 Tahun 2021 Tentang PROPER Lingkungan Hidup”, ungkap Ricky.

Selain itu dalam upaya perlindungan keanekaragaman hayati di sekitar wilayah operasional, PT Mifa Bersaudara telah melaksanakan beberapa program seperti Penanaman Tanaman Endemik Lokal Khas Aceh Seumantok untuk Ekosistem konservasi lutung perak dan monyet ekor panjang, Konservasi Gaharu dan Meranti di Area Reklamasi, dan Penanaman Mangrove di Suak Peunaga Cut Ujong Kec Meurebo Kab Aceh Barat.

“Mewakili pemegang saham perusahaan ia mengucapkan terimakasih banyak untuk semua pihak yang telah mendukung dan memberikan kontribusi atas perolehan penghargaan PROPER Peringkat Hijau yang diterima ini sebagai peningkatan dari peraihan sebelumnya, semoga kerja keras pengelolaan lingkungan yang lebih ini dapat terus terlaksana, terus meningkat, dan dipertahankan khususnya bagi tim yang berada di site operasional perusahaan”, tutupnya.

Shares: