News

Nelayan Aceh Jaya temukan tiga mayat di laut, diduga jenazah imigran Rohingya

Kisah imigran Rohingya, mencari asa dijemput maut
Tim SAR gabungan akhirnya menemukan dan mengevakuasi 69 imigran Rohingya yang mengapung di perairan Aceh Barat, Kamis (21/3/2024). FOTO : Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Sejumlah nelayan di Aceh Jaya, Sabtu (23/3/2024) menemukan tiga mayat mengapung di perairan di wilayah tersebut. Berat dugaan, jasad tersebut merupakan imigran Rohingya yang kapalnya karam di Aceh Barat beberapa hari sebelumnya.

Informasi yang diterima popularitas.com, tiga mayat ini ditemukan terpisah, satu mayat di wilayah Calang, Kecamatan Krueng Sabee dan dua mayat di Rigah, Kecamatan Setia Bakti.

Mayat-mayat itu ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi. Kini pihak terkait pun masih melakukan koordinasi untuk mengevakuasi jasad yang belum dikenal tersebut.

Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Banda Aceh, M Fathur Rachman yang dikonfirmasi terpisah membenarkan adanya penemuan mayat tersebut. Namun, pihaknya belum dapat memastikan apakah mayat-mayat itu merupakan warga Rohingya atau bukan.

“Kami belum bisa pastikan bahwa temuan mayat-mayat tersebut adalah jenazah imigran Rohingya yang kapalnya karam di Aceh Barat,” ujarnya.

Guna memastikan hal tersebut, pihaknya telah menerjunkan tim Resque dari POS Sar Meulaboh untuk bergeraka ke Aceh Jaya guna evakuasi jenazah. “Saat ini, soal itu belum bisa saya pastikan. Nanti di cek kembali,” tandasnya.

Shares: