NewsPolitik

ODGJ di Aceh ikut nyoblos pada Pemilu 2024

Dianggap meresahkan, seorang ODGJ di Banda Aceh diamankan
Ilustrasi, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). (Foto: Ayobandung)

POPULARITAS.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan pemilih orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dapat menggunakan hak suaranya dengan menyertakan surat keterangan dari dokter saat menuju ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kita sudah data ODGJ sebagai pemilih, tetapi mencoblos belum tentu. Harus ada surat keterangan dokter, kalau mereka dinyatakan sehat nanti kita sediakan,” kata Ketua KIP Aceh Saiful, dikutip dari laman Antara, Kamis (11/1/2024).

Saiful memastikan bahwa ODGJ di Aceh masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga dapat menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara pemilu yang telah dijadwalkan pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Mereka tetap masuk ke dalam DPT umum, tetapi untuk jumlah pastinya masih belum dihitung,” ujarnya.

Selain itu, Saiful juga menyampaikan ODGJ yang dinyatakan sehat bisa mencoblos di TPS umum. Sebab, pihaknya tidak menyediakan TPS khusus bagi pemilih ODGJ karena tidak ada permintaan dari rumah aakit jiwa atau pihak terkait lainnya.

“Pemungutan suara ODGJ berbaur dengan TPS umum lainnya karena di Rumah Sakit Jiwa pasien masuk dan keluar sehingga tidak ada TPS khusus dan tidak ada permintaan juga. TPS khusus itu kan adanya atas permintaan,” kata Saiful.

Sebagai informasi, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Aceh mencatat jumlah pasien gangguan jiwa yang dirawat sepanjang 2023 lebih kurang mencapai 108.551 orang, menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dari jumlah itu, terdapat 10.343 orang rawat jalan, terdiri atas 6.764 pasien laki-laki dan 3.352 pasien perempuan. Sisanya rawat inap.

Shares: