EkonomiNews

OJK catat nilai tabungan pelajar Aceh capai Rp 142 miliar

OJK catat nilai tabungan pelajar Aceh capai Rp 142 miliar
Kegiatan Hari Indonesia Menabung di GOS Takengon, Aceh Tengah, Sabtu (19/8/2023). Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat saat ini sebanyak 36 ribu lebih pelajar di Aceh telah memiliki rekening tabungan bank dengan nilai tabungan mencapai Rp 142 miliar.

“Di seluruh Aceh sudah 39 ribu lebih rekening pelajar yang memiliki rekening tabungan, nilainya Rp 142 miliar yang terkumpul di bank,” kata Kepala OJK Aceh, Yusri kepada wartawan, usai kegiatan Hari Indonesia Menabung di GOS Takengon, Aceh Tengah, Sabtu (19/9/2023).

Peringatan Hari Indonesia Menabung tahun 2023 ini diinisiasi oleh OJK Aceh, Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Aceh Syariah (BAS), pasar modal, dan seluruh perbankan lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Provinsi Aceh.

Yusri menyebut, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengundang 500 pelajar Aceh Tengah untuk hadir di GOS Takengon. Di lokasi ini, pihaknya memfasilitasi ratusan pelajar itu untuk membuka rekening tabungan dengan rincian, 250 orang di BSI dan 250 orang di Bank Aceh.

“Buku tabungan para pelajar ini rata-rata kami isi Rp20 ribu sebagai saldo pembuka bagi mereka,” ujar Yusri.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut digelar dalam upaya untuk meningkatkan literasi keuangan dan kemandirian finansial generasi muda.

Melalui program edukasi ini, OJK mengingatkan siswa tentang pentingnya menabung sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan yang lebih stabil secara finansial.

Di sisi lain, kata dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan konsep pengelolaan keuangan yang bijaksana dan mengurangi risiko ketidakstabilan ekonomi pribadi di kemudian hari.

“Saya berharap anak-anak kita semakin lama semakin paham inklusi keuangan, semakin paham mengenai kelola keuangan, sehingga suatu saat mereka menggapai cita-cita sudah mempersiapkan sejak awal,” jelas Yusri.

Pada kesempatan itu, Yusri juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tengah yang telah memfasilitasi kegiatan ini digelar di dataran tinggi Gayo itu.

“Kami berterima kasih sekali kepada Pj Bupati Aceh Tengah yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan ini, saya pikir luar biasa sekali hari ini, kita mengundang 500 siswa, ternyata yang hadir hampir 1000 siswa,” sebut Yusri.

Shares: