News

Orasi di Unimal, Mahfud MD sebut Indonesia sedang sakit

Mahfud MD Sebut Indonesia Bulan Depan 99,9 Persen Terjadi Resesi Ekonomi
Menko Polhukam Mahfud MD. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).

POPULARITAS.COM – Menko Polhukam RI, Mohammad Mahfud MD menyampaikan orasi dalam acara Dies Natalis ke-54 Universitas Malikussaleh (Unimal) di GOR ACC Cunda, Lhokseumawe, Senin (12/6/2023).

Mahfud MD sempat menyinggung terkait situasi Indonesia saat ini. Dalam awal sambutannya, mantan Ketua MK itu menyebut negara Indonesia saat ini sedang sakit.

“Saudara, saya ingin mulai dengan satu statement yang kadang kala mengagetkan,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan, Indonesia sekarang ini sekarang sedang dilanda oleh penyakit yang sangat berbahaya yakni penyakit korupsi. Dia kemudian mengungkap jumlah koruptor di Indonesia yang mencapai ribuan.

“Jumlahnya 1.200 orang. Jadi banyak kejahatan, dari 1.200 koruptor, 87 persen merupakan lulusan sarjana atau 1.044 orang dari koruptor itu adalah sarjana,” kata dia.

Meski begitu, Mahfud mengatakan jumlah koruptor itu tidak sebanding dengan jumlah kaum terpelajar di Indonesia. Sebab, masih banyak sarjana yang bersih dan tidak menjadi koruptor.

“Dari 17 juta sarjana, koruptornya hanya 1.044 berarti itu 0,0006 persen. 1 persen masih pecah,” kata Mahfud.

Oleh sebab itulah, Mahfud berpesan kepada segenap sivitas akademik dan mahasiswa Unimal untuk membangun peradaban yang lebih baik. Ia mengatakan, memajukan peradaban merupakan salah satu tugas universitas.

Mahfud menjelaskan, penyelenggaraan pendidikan harus dilandaskan pada iman dan ketakwaan.

“Mari kita bangun negara ini menuju peradaban baru menjadi masyarakat madani seperti yang dibangun oleh Nabi Muhammad,” ujar Prof Mahfud.

Shares: