News

Para Mualaf di Pidie Jaya Terima Zakat

Wakil Bupati Kabupaten Pidie Jaya, Said Mulyadi, saat menyerahkan zakat secara simbolis kepada perwakilan muallaf dan beberapa penerima zakat infaq lainnya. (popularitas/Nurzahri)

Meureudu (popularitas.com) – Para mualaf yang sudah menetap dan sudah menjadi warga Kabupaten Pidie Jaya, menerima zakat dari Baitul Mall setempat, Senin, 23 Desember 2019.

Kepala Baitul Mall Kabupaten Pidie Jaya, Marzuki mengatakan, jumlah total mualaf penerima zakat tahun 2019 ini sebanyak 14, yang setiap orangnya disalurkan zakat dalam bentul uang senilai Rp 2 juta.

Penyaluran zakat untuk para mualaf tersebut, diketahui hanya dilakukan satu kali setiap tahunnya oleh Baitul Mal Kabupaten Pidie Jaya.

“Zakat untuk muallah setiap tahun selalu kita salurkan. Batas para muallah diberikan zakat selama tiga tahun. Namun nanti juga akan kembali dipertimbangkan, kalau dia orang berpengaruh bagi muallah-muallaf lainnya, akan kembali diberikan,” kata Marzuki.

Jumlah mualaf tersebut merupakan akumulasi dari tujuh kecamatan di  Kabupaten Pidie Jaya. Kecamatan Meureudu 1 orang, Meurah Dua 3 orang, Ulim 3 orang, Bandar Baru 2 orang.

Kemudian Kecamatan Pante Raja 1 orang, Trienggadeng 2 orang, terakhir Bandar Dua sebanyak dua mualaf. Sedangkan dari Kecamatan Jangka Buya, nihil.

Baitul Mall Kabupaten Pidie Jaya juga menyalurkan zakat dan infaq untuk penerima lainnya, dengan katagori fakir miskin, fakir uzur, santri miskin, Gharim, penyandang cacat, yatim piatu, Majelis Taklim, Panti Asuhan, Muq, dengan jumlah total keseluruhan sebanyak 5.430.

Amatan popularitas.com, penyerahan  zakat dan infaq itu secara simbolis itu dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Pidie Jaya, Said Mulyadi, di gedung Tgk Chik Pante Geulima, Tahir Foundation.

Adapun jumlah dana untuk zakat infaq itu senilai Rp. 1.803.634.900, meliputi zakat Rp. 1.667.634.900, infaq Rp. 136.000.000. (C-005)

Shares: