NewsPolitik

Partai Aceh daftarkan 30 bacaleg DPRK Pidie Jaya

PA Pidie Jaya saat mendaftarkan Bacaleg, Kamis (11/5/2023). Foto: Nurzahri/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh Kabupaten Pidie Jaya, daftarkan bakal calon legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRK) setempat untuk Pemilu 2024.

Total Bacaleg PA yang didaftarkan untuk bertarung pada kontestasi Pemilihan Umum yang akan berlangsung tahun depan itu berjumlah 30 orang.

Pendaftaran Bacaleg itu dilakukan langsung oleh Ketua DPW PA Pidie Jaya Aiyub Abbas dengan ikut membawa rombongan caleg di kantor KIP setempat, Kamis (11/5/2023).

Kesemua Bacaleg PA yang tersebar di empat Daerah Pemilihan (Dapil) itu nantinya akan bertarung memperebutkan 25 kursi DPRK dengan Caleg-Caleg lainnya dari Partai yang berbeda.

“Ada 30 Bacaleg DPRK yang kita daftarkan hari ini untuk Pemilu 2024,” kata Ketua DPW PA Kabupaten Pidie Jaya, Aiyub Abbas, usai pendaftaran, Kamis (11/5/2023).

Rincian 30 Bacaleg yang didaftarkan itu tersebar di empat Dapil, meliputi Dapil I sebanyak 10 orang, Dapil II tujuh orang, Dapil III tujuh orang dan Dapil IV enam orang.

Kata pria yang akrab Abuwa itu, dengan komposisi Bacaleg tersebut, PA Kabupaten Pidie Jaya optimis akan mampu menambah perolehan kursi DPRK setempat.

Jika Pemilu 2019 lalu dari 25 kursi anggota dewan setempat, PA meraih delapan kursi, untuk Pemilu mendatang menargetkan penambahan satu kursi untuk setiap dapil.

“Sudah kita intruksikan Caleg harus bekerja ekstra agar setiap dapil perolehan kursinya bertambah dari dasar perolehan kursi Pemilu 2019 lalu. Kalau sebelumnya perdapil dua kursi, Pemilu ini kita targetkan bertambah satu perdapil,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya Iskandar menyebutkan, hingga hari ke 11 dibuka masa pendaftaran Bacaleg, baru Partai Aceh yang sudah melakukan pendaftaran.

“Pendaftaran dibuka tanggal 1 Mei, hari ini hari ke 11, baru Partai Aceh yang mendaftarkan Bacalegnya. Infonya hari ini PDIP juga akan mendaftar,” ujar Iskandar.

Shares: