NewsPolitik

Partai Aceh klaim borong 12 kursi DPRK Pidie Jaya

Partai Aceh diproyeksi kembali juara Pemilu legislatif 2024
Sejumlah kader dan simpatisan Partai Aceh di Pidie, saat mengikuti kegiatan konvoi dalam rangka kampanye di kabupaten tersebut, Kamis (8/2/2024). FOTO : popularitas.com/Nurzahri

POPULARITAS.COM – Partai Aceh (PA) Pidie Jaya diproyeksikan kembali menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan memborong 12 dari total 25 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat.

Total kursi DPRK Pidie Jaya sebanyak 25 kursi itu dibagi dalam empat Daerah Pemilihan (Dapil).

Dapil I meliputi Kecamatan Meureudu, Meurah Dua dan Ulim adalah sebanyak delapan kursi. Dapil II diantaranya Kecamatan Bandar dua dan Jangka Buya enam kursi.

Selanjutnya Dapil III yaitu Kecamatan Bandar Baru memiliki enam kursi DPRK. Terakhir pos kursi di Dapil IV berupa Kecamatan Trienggadeng dan Pante Raja adalah sebanyak 5 kursi.

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Aceh (DPW-PA) Pidie Jaya Abubakar Muhammad mengeklaim perolehan kursi DPRK setempat hasil Pemilu 2024 sebanyak 12 kursi.

Hal itu diketahui berdasarkan real count internal hasil rekapitulasi C1 dari saksi-saksi Partai Aceh di seluruh TPS, PA berhasil memborong 12 kursi DPRK setempat.

“Dua dari empat dapil peroleh kursi PA meningkat,” kata Abubakar Muhammad, Selasa (27/2/2024).

Dapil I yang diisi oleh Caleg A Kadir Jailani dan Saifullah cs contohnya, punggawa PA berhasil merebut empat dari total delapan kursi.

Kemudian Dapil III yang Caleg nya Saiful Anwar cs juga berhasil mengunci empat dari total enam pos kursi di daerah pemilihan tersebut.

Sedangkan Dapil II dan Dapil IV, Partai Aceh masing-masing mengamankan dua kursi per dapil.

Proyeksi perolehan kursi DPRK Pidie Jaya Partai Aceh tentunya mengalami peningkatan pesat dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu.

“Saat Pemilihan Umum lima tahun silam, PA Pidie Jaya meraih delapan kursi. Sedangkan Pemilu 2024 ini PA berhasil memborong 12 kursi DPRK Pidie Jaya,” jelasnya.

Shares: