News

Pasien Reaktif Covid-19 Melalui Rapid Test di RSUCM Meninggal Dunia

Dokter Spesialis di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh Positif Corona

POPULARITAS.COM – Seorang kakek reaktif Covid-19 berdasarkan rapit test dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara, Jumat (21/8/2020).

Humas RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin saat dikonfirmasi mebenarkan kejadian tersebut, pasien tersebut adalah S (70) warga Kabupaten Bireuen.

“Pasien itu adalah pasien yang dirujuk, dari Rumah Sakit Telaga Bireuen ke RSUCM, pada 18 Agustus lalu, pasien itu dirujuk kesini karena reaktif Covid-19 dari hasil rapid test,” ujar Jalaluddin kepada Popularitas.com.

Kata Jalaluddin, saat ini pasien sudah diserahkan ke keluarganya serta dipulangkan ke Bireuen, proses pemulasaran jenazah juga dilakukan di rumah sakit setempat. Tak hanya itu pemandian jenazah juga melibatkan tim medis RS Bireuen dan keluargannya.

“Proses pemandian jenazah menggunakan alat pelindung diri dan mengikuti aturan sesuai protokol kesehatan covid 19, setelah itu dipulangkan ke rumah duka,” katanya.

Berdasarkan data kata Jalal pasien tersebut sebelum dirujuk ke rumah sakit RSUCM, ia sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Telaga Bireuen, lalu tim medis melakukan rapid test dan hasilnnya reaktif.

“Berawal pasien di rujuk rumah sakit ini untuk diambilkan sampel swab untuk dikirim ke Balitbangkes Provinsi Aceh, sampel swab sudah kita kirim namun hingga hari ini masih menunggu hasilnya,” katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh, di RSUCM kini merawat sebanyak sembilan pasien covid 19, empat diantaranya positif terkonfirmasi virus corona dari hasil swab dan sisanya reaktif covid 19 hasil rapid test.

“Sembilan pasien ini baik itu berdasarkan hasil swab dan rapid semua dirawat standar pasien covid 19 oleh para medis setempat,” pungkasnya.

Editor: dani
Reporter : Rizkita 

Shares: