KesehatanNews

Pedagang Pasar Masuk Prioritas Vaksinasi Covid-19

Vaksin Covid-19 Sinovac Lulus Uji Klinis Fase 3
Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS

Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Muhadjir Effendy menyebut pedagang pasar masuk dalam daftar kelompok prioritas penerima vaksin virus corona.

Muhadjir mengatakan pedagang pasar masuk kategori kelompok yang berisiko tinggi terpapar Covid-19. Selain pedagang, ada juga kalangan buruh.

“Kelompok risiko tinggi atau berisiko high risk, yaitu kelompok pekerja, termasuk di dalamnya para pedagang pasar, pelayan toko, atau pramuniaga, dan juga mereka yang bekerja di sektor-sektor perusahaan industri,” kata Muhadjir dalam keterangan pers secara daring, Senin (7/12).

Pria yang juga Menko PMK itu pun memastikan para pekerja di garda terdepan masuk daftar prioritas. Tenaga kesehatan, anggota TNI, dan aparat kepolisian jadi kelompok pertama yang akan menerima vaksin Covid-19.

Selain itu, vaksin juga akan diprioritaskan bagi keluarga pasien Covid-19. Muhadjir juga berkata, aparatur sipil negara (ASN) masuk dalam daftar tersebut.

“Yang terakhir adalah administrator pemerintah yang terlibat dalam memberikan pelayanan publik,” tutur dia.

Mantan Mendikbud itu menyampaikan, vaksinasi ditujukan mengurangi angka pasien dan korban meninggal dunia akibat Covid-19. Pemerintah juga menargetkan kekebalan kelompok untuk mengendalikan pandemi.

“Yang kedua adalah untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity untuk mencegah dan melindungi kesehatan masyarakat secara keseluruhan terutama dalam kaitan dengan ancaman Covid-19,” ujar Muhadjir.

Sebagai informasi, Indonesia telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari perusahaan China, Sinovac. Presiden Jokowi mengatakan akan ada 1,8 juta vaksin lagi yang datang pada tahun depan

Sumber: CNN

Shares: