News

Pejabat di China dicopot setelah sistem data kesehatan dua kali gangguan

Kepala biro pendataan pemerintah kota Xian, provinsi Shaanxi, China, Liu Jun, Rabu, dicopot dari jabatannya setelah sistem aplikasi kode kesehatan warga setempat dua kali mengalami gangguan.
Lhokseumawe Tertinggi Kasus Positif Covid-19 di Aceh
Petugas medis China tangani pasien corona. ©2020 China Daily via REUTERS

POPULARITAS.COM – Kepala biro pendataan pemerintah kota Xian, provinsi Shaanxi, China, Liu Jun, Rabu (5/1/2022), dicopot dari jabatannya setelah sistem aplikasi kode kesehatan warga setempat dua kali mengalami gangguan.

Liu, 41 tahun, menduduki jabatan tersebut sejak Februari 2019.

Dia bertanggung jawab atas data aplikasi publik, termasuk sistem kode kesehatan.

Beberapa kota di China menerapkan sistem aplikasi kode kesehatan untuk setiap warga yang dapat diunduh melalui telepon seluler.

Hasil unduhan –berupa riwayat kesehatan terkait COVID-19 pribadi dan riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir– dapat digunakan untuk mendapatkan akses di ruang publik, termasuk transportasi umum.

Sistem kode kesehatan yang dikembangkan oleh Pemkot Xian dua kali mengalami gangguan pada Selasa (4/1/2022) dan 20 Desember lalu sehingga menyebabkan warga tidak dapat mengakses sarana transportasi umum dan melakukan tes PCR.

Pengelola data di Xian kepada pers lokal, seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/1/2022), menyatakan gangguan tersebut karena tingginya “traffic”.

Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China menugaskan seorang pejabatnya ke Xian untuk melakukan inspeksi terhadap sistem pengendalian dan pencegahan COVID-19.

Sejak 29 Desember 2021, akses keluar-masuk Xian ditutup total (lockdown) setelah muncul kasus baru yang dipicu oleh penerbangan dari Islamabad, Pakistan.

Hingga akhir pekan lalu, kasus baru COVID-19 di Xian telah mencapai angka 1.573, tertinggi di China dalam setahun terakhir.

Shares: