News

Pelabuhan Meulaboh Perketat Pemeriksaan Kesehatan Penumpang

Anak Buah Kapal (ABK) Teluk Sinabang mengikat tali kapal saat bersandar di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. (ANTARA)

ACEH BARAT (popularitas.com) – Manajemen Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, memperketat pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh setiap calon penumpang yang akan berangkat ke Pulau Simeulue dari Meulaboh.

“Kami memperketat pemeriksaan kesehatan bagi calon penumpang, sehingga tidak ada penumpang yang sakit saat berada di dalam kapal,” kata Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Romi Masri, Jumat, 22 Mei 2020.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dan suhu tubuh tersebut dilakukan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Meulaboh dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat.

Selain itu, pihaknya juga mewajibkan seluruh calon penumpang agar melampirkan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh otoritas terkait, sebagai salah satu syarat agar bisa berangkat ke wilayah pulau terluar di Aceh.

“Bagi calon penumpang yang tidak memiliki KTP Simeulue, Aceh, dilarang berangkat,” kata Romi Masri menambahkan.

Hal tersebut menindaklanjuti Surat Bupati Simeulue, Provinsi Aceh, yang menginstruksikan agar calon penumpang yang akan berangkat ke kepulauan tersebut dari semua lintasan, untuk sementara wajib memiliki KTP Kabupaten Simeulue.

“Hal ini juga untuk memastikan tidak ada pendatang yang datang ke daerah kepulauan, khususnya selama masa pandemi COVID-19,” kata Romi Masri. (ANT)

Shares: