News

Pelajar Aceh Tenggara ditemukan meninggal usai hanyut di Danau Toba

Pelajar Aceh Tenggara ditemukan meninggal usai hanyut di Danau Toba
Tim SAR melakukan pencarian dua pelajar yang hanyut di perairan Danau Toba Lumban Pasir, Desa Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. ANTARA/HO-Humas Polres Tapanuli Utara

POPULARITAS.COM – Warga Aceh Tenggara (AS) hanyut di Danau Toba. Jasadnya ditemukan usai pencarian kurang dari 24 jam yang dilakukan oleh tim SAR di daerah itu.

Kasi Humas Polres Tapanuli Utara Ipda B Gultom, dalam keterangannya dikutip laman Antara, Selasa (20/6/2023), peristiwa itu terjadi pada Minggu (17/6/2023).

Saa itu, katanya, AS dan temannya CEM warga Medan sedang mandi-mandi di perairan Danau Toba, tepatnya di Lumban Pasir, Desa Sibandang.

Dari keterangan saksi yang melihat kejadian itu, katanya, RMS (14) dan CS (13) warga Desa Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Taput, saat itu mereka bersama-sama hendak mandi ke Danau Toba di daerah Pulau Sibandang.

“Setelah tiba di pinggir pantai, korban CEM melompat langsung ke Danau Toba, namun tidak bisa berenang. Akhirnya dia meronta-ronta di air minta tolong,” katanya.

Selanjutnya korban AS berusaha menolong dengan memberikan satu tangannya dan satu tangan lagi memegang pinggir kapal yang sedang parkir.

“Korban AS tidak sanggup menarik dengan satu tangan, lalu melompat ke Danau Toba berusaha untuk menolong. Namun korban CEM memeluk korban AS sehingga tidak bisa bergerak dan keduanya pun hanyut,” ucapnya.

Ia mengatakan setelah melihat kedua korban tidak muncul lagi ke permukaan Danau Toba. Kedua saksi melaporkan kejadian tersebut kepada warga sekitar untuk melakukan pencarian.

Warga sekitar bersama personel Polsek dan Koramil Muara turut melakukan pencarian korban, namun tidak berhasil.

“Kemudian menghubungi tim SAR dari Parapat dan pada Minggu malam. Tim SAR melakukan pencarian di TKP hingga pukul 21.00 WIB, namun tidak berhasil menemukan korban,” katanya.

Sejak Senin pagi masyarakat sekitar, Muspika Muara, BPBD Pemkab Taput serta tim SAR kembali melakukan pencarian.

Sekitar pukul 8.30 WIB, akhirnya kedua korban berhasil ditemukan tim SAR, dalam keadaan sudah meninggal dunia.

Saat ditemukan kedua korban saling berpelukan tidak jauh dari posisi pertama mereka hanyut di kedalaman Danau Toba yang diperkirakan 11 meter.

“Kedua korban sebelum meninggal dunia, berkunjung ke rumah pamanyya di Desa Sibandang, Kecamatan Muara, Kabupaten Taput,” kata Gultom.

Editor : Hendro Saky

Shares: