News

Pembukaan PON 2024 berlangsung di Banda Aceh, Pj Gubernur : Tonjolkan kearifan lokal

Pembukaan PON 2024 berlangsung di Banda Aceh, Pj Gubernur : Tonjolkan kearifan lokal
Pj Gubernur Aceh Butami Rapat Persiapan Pelaksanaan PON XXI Tahun 2024 Bersama Wakil Ketua KONI Pusat, Senin (25/3/2024) malam, di pendopo Gubernur Aceh. FOTO : Humas Aceh

POPULARITAS.COM – Pembukaan PON 2024 akan dilangsungkan 8 September 2024 di Stadion Lhong Raya Banda Aceh. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan resmi akan membuka even akbar kompetisi olahraga terbesar di tanah air tersebut.

Pengurus Besar (PB) PON Aceh-Sumut 2024, bersama dengan KONI dan Pemerintah Aceh, Senin (25/3/2024) menggelar rapat untuk menentukan konsep pembukaan acara PON 2024 nantinya.

Rapat yang diikuti seluruh Ketua Bidang PB PON wilayah Aceh tersebut dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Aceh Bustami yang juga Ketua Umum PB PON Aceh dan Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno. 

Dalam kesempatan tersebut, para pengurus PB PON Aceh menyampaikan berbagai saran dan masukan terhadap paparan konsep acara yang diusul dan dirancang  oleh vendor dan KONI Pusat. 

Untuk diketahui, upacara pembukaan PON Aceh-Sumut yang bakal digelar pada tanggal 8 sampai 20 September 2024 mendatang akan dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh. 

Secara khusus, Pj Gubernur Aceh Bustami, mengharapkan berbagai atraksi yang ditampilkan dalam acara pembukaan PON nantinya benar-benar menonjolkan nilai kearifan lokal Aceh yang inovatif dan kreatif. “Tampilkan yang terbaik, agar Pak Presiden tersenyum di Aceh di akhir masa tugasnya,” kata Bustami. 

Bustami mengatakan, suksesnya pelaksanaan PON merupakan tanggungjawab semua unsur dalam Pemerintah Aceh. Ia meminta para Kepala SKPA yang mendapat amanah sebagai pengurus PB PON untuk bekerja dengan ikhlas dan tanpa pamrih supaya meraih hasil maksimal. 

“Dari sini juga kita letakkan landasan keihklasan, kalo ada keraguan silahkan pulang, kita harus menyukseskan PON karena ini adalah harga diri orang Aceh,” ujar Bustami. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno, mengatakan, upacara pembukaan merupakan salah satu bagian terpenting dari pelaksanaan PON. Ia mengatakan, 50 persen dari keberhasilan PON ditentukan dari upacara pembukaannya.  

“Pembukaan ini merupakan momen penting karena mewakili keberhasilan penyelenggaraan PON dan lewat acara pembukaan ini juga kita gambarkan kepada tamu dari seluruh Indonesia bahwa Aceh bukan daerah yang menakutkan,” pungkas Suwarno.

Shares: