EkonomiNews

Pemerintah Aceh cetak 400 hektar sawah baru

Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat akan mecetak lahan sawah baru seluas 400 hektare pada 2018 di Kabupaten Pidie dan Subulussalam.
Patut Dicontoh, Begini Konsep Pertanian Berkelanjutan Ala Petani AS
Petani sedang membajak sawah. (Antara)

BANDA ACEH (popularitas.com) : Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat akan mecetak lahan sawah baru seluas 400 hektare pada 2018 di Kabupaten Pidie dan Subulussalam.

“Cetak sawah baru ini juga bagian dari upaya meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian di Aceh,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh A Hanan di Banda Aceh, Selasa.

Di sela-sela Rapat Koordinasi Upaya Khusus (Upsus) Dalam Rangka Mewujubkan Aceh Hebat 2018, A Hanan mengatakan peningkatan luas tanam seiring dengan penamahan luas lahan juga bagian dari peningkatan produksi hasil pertanian terutama komoditas padi.

Ia menjelaskan pelaksanaan cetak sawah baru seluas 400 hektare di dua kabupatent tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU dengan Kodam Iskandar Muda.

Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin mengatakan Kodam IM bersama Pemerintah Aceh berkomitmen untuk mewujudkan Aceh sebagai lumbung pangan nasional sejak 2015.

“Kami tetap komit dalam mendukung Pemerintah Aceh untuk mewujudkan ketahanan pangan, salah satunya melalui cetak lahan sawah baru tersebut,” kata Pangdam IM dalam sambutan tertulis dibacakan Danrem 011/Lilawangsa, Kol Inf Purmanto dalam rakor Upsus tersebut.

Pangdam mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan peran Babinsa sebagai pegawal dan pendamping petani dalam meningkatkan produksi padi di Aceh. (aceh.antaranews.com)

Shares: