News

Pemerintah Siapkan Rp 5,5 T Untuk Subsidi Kuota Internet

Cabdin Pendidikan Aceh, Sabang Gandeng IGI Latih Guru
FOTO ARSIP - Siswa MIN 5 Kota Banda Aceh mengikuti proses belajar secara daring di rumahnya setelah menerima materi pelajaran yang dikirim gurunya melalui whatsapp grup di Banda Aceh, Rabu (18/3/2020). (FOTO ANTARA/Khalis)

POPULARITAS.COM – Pemerintah kembali memperpanjang beberapa bantuan dan insentif seiring dengan perpanjangan PPKM Level 3 dan 4 hingga 2 Agustus mendatang. Tak hanya pelaku usaha dan pekerja formal, murid sekolah dan pengajar juga mendapat bantuan berupa subsidi kuota internet.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan memperpanjang subsidi selama 5 bulan hingga Desember mendatang.

Kuota internet akan diberikan kepada 38,1 juta penerima dengan anggaran digelontorkan sebesar Rp5,5 triliun.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan Penerapan PPKM Level IV dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” papar Jokowi, Minggu (25/7/2021) malam.

Sebagai informasi, bantuan kuota data subsidi ini diterima masyarakat dalam dua jenis, yakni kuota untuk belajar dan kuota umum.

Bagian kuota umum bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sementara itu, kuota belajar hanya bisa dipergunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Jika dirincikan, subsidi kuota yang dialokasikan untuk peserta didik PAUD sebanyak 20 GB/bulan. Kemudian, untuk peserta didik pendidikan dasar dan menengah 35 GB/bulan. Adapun, pendidik PAUD dan pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB/bulan, sedangkan para mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan.

Dari semua bantuan itu, jatah kuota untuk akses aplikasi atau jatah kuota umum sebanyak 5 GB/bulan dan sisanya adalah kuota belajar.

Setiap penerima subsidi bisa memanfaatkan kuota datanya untuk pembelajaran jarak jauh, termasuk melakukan kelas virtual dengan bantuan aplikasi seperti Whatsapp video call, Zoom, Google Hangout atau sejenisnya dengan konsumsi data internet yang cukup tinggi.

Sumber: CNN

Shares: