News

Pemerintah siapkan skema pelaksanaan haji 2022

Kasubdit Dokumen Haji  Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemeng RI, Nasrullah Jasam mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan skema pelaksanaan haji 2022, meskipun belum ada keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.
Jamaah haji asal Aceh akan berangkat 24 Mei 2023
Ilustrasi, jamaah haji Aceh berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar pada musim haji 2019. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Kasubdit Dokumen Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Nasrullah Jasam mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan skema pelaksanaan haji 2022, meskipun belum ada keputusan dari Pemerintah Arab Saudi.

“Kita sudah mulai dan sebetulnya kita sudah punya basis di 2020 dan 2021,” kata Nasrullah dalam keterangannya, Senin (15/11/2021) malam.

Dia menyampaikan, pada prinsipnya Kemenag telah melakukan persiapan seperti biasa seolah-olah haji ada dan kuotanya 100 persen. Semua hal telah disiapkan, termasuk gelang identitas yang dibuat tahun 2020 sampai sekarang masih ada.

“Dan belum kita tulis tahunnya, menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi termasuk persiapan lainnya,” ungkapnya.

Sementara, Deputi Kesekretariatan Badan dan Kemaslahatan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)  Emir Rio Krishna berharap kabar hoaks menyangkut dengan pembatalan keberangkatan ibadah haji tidak lagi terjadi.

“Jika terjadi hoaks atau berita ada baiknya kita tabayun karena memforward berita juga ada dosanya dan itu jariyah (beruntun),” ucap Rio.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Iqbal menyampaikan, pandemi telah menyebabkan  pembatalan keberangkatan haji dalam dua tahun terakhir.

Meskipun begitu, kata Iqbal, pemerintah telah melakukan berbagai persiapan dan menyusun skema pelaksanaan haji untuk tahun berikutnya.

“Sudah dua tahun kita tidak bisa memberangkatkan jamaah haji kalau kondisi ini terus berlanjut maka antrian akan semakin bertambah. Maka kita berdoa kepada Allah semoga pandemi selesai dan pelaksanaan ibadah haji bisa dilaksanakan tahun depan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, seiring dengan terbitnya Tentang Pembatalan Keberangkatan Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M, Kanwil Kemenag Aceh juga terus melakukan sosialisasi agar masyarakat mendapatkan informasi yang valid mengenai batalnya keberangkatan ibadah haji.

“Hal ini, juga untuk menjawab informasi hoaks yang beredar di media sosial,” kata dia. []

Shares: