News

Pemkab Aceh Besar Beli Ambulans Laut Tahun Ini

Ilustrasi, Kapal ambulance laut. (ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menyatakan bahwa ambulans laut akan dibeli pada tahun anggaran 2021. Ambulans tersebut akan ditender melalui ULP dalam waktu dekat.

“Untuk pengadaan boat ambulans akan dilaksanakan tahun ini, dan akan segera ditenderkan melalui ULP,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Aceh, Muhajir saat dikonfirmasi popularitas.com, Jumat (12/3/2021).

Kata Muhajir, berdasarkan komunikasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, fasilitas ambulans laut untuk Pulo Aceh dan sekitarnya akan tersedia pada Juni atau Juli 2021.

“Estimasi sekitar bulan 6 atau 7 sudah ada boat ambulans bila tidak ada halangan dalam tender dan pekerjaan,” ucap Muhajir.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Pulo Aceh, Misriadi membenarkan bahwa seorang pasien ibu hamil bernama Darmayanti merupakan warga di pulau tersebut. Darmayanti disebut telah melahirkan dengan bantuan bidan di Puskesmas Pulo Aceh.

“Iya itu melahirkan di bidan Puskesmas di Pulo Aceh, cuma retensio plasenta ari-arinya tidak lahir. Kalau ari-arinya tidak lahir, retenso plasenta memang harus rujuk, karena di puskesmas fasiltas kurang,” ujar Misriadi saat dikonfirmasi, Kamis (11/3/2021).

Ia menyampaikan, kondisi bayi yang dilahirkan tersebut dalam kondisi sehat dan dalam perawatan di bidan puskemas. Sementara ibu bayi dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh dengan didampingi oleh dua bidan.

“Dirujuk sekitar pukul 14.30 WIB Rabu kemarin dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam perjalanan,” sebut Misriadi.

Baca: Video Ibu Hamil Dibawa dengan Perahu ke Banda Aceh Viral

Kata Misriadi, pasien terpaksa dilarikan menggunakan perahu tradisional karena di Pulo Aceh belum memiliki kapal khusus melayani pasien.

“Tetapi ada informasi dari Dinas Kesehatan Aceh Besar, karena kita sudah lama memintanya. Dalam tahun ini kemungkinan katanya bakalan ada ambulans laut. Sedang dalam proses pengadaan ambulans laut,” ucap dia.

Editor: dani

Shares: