News

Aceh Tamiang Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19

(ist)

ACEH TAMIANG (popularitas.com) – Untuk menanggapi keputusan Presiden soal gugus tugas untuk penanganan virus corona di daerah, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang membentuk tim gugus tugas tanggap darurat penanganan Covid-19.

Sekda Kabupaten Aceh Tamiang, Basyaruddin mengatakan pembentukan tim gugus tugas penanganan Covid-19 ini, merupakan perintah langsung dari Presiden RI yang harus segera dilaksanakan.

Untuk itu, pihaknya meminta RSUD Aceh Tamiang secepatnya menyiapkan daftar inventaris alat dan barang yang dibutuhkan dalam menangani pasien yang diduga memiliki gejala Corona.

Kepada Dinas Kesehatan, kata dia agar segera mungkin mengumpulkan para kepala puskesmas untuk mendata keperluan apa yang dibutuhkan dalam pencegahan dan penanganan wabah corona. Sebab, jika masyarakat menderita suatu penyakit, bagaimanapun langkah pertama yang dilakukan ialah memeriksa kesehatan.

“Saya sudah berkonsultasi ke bagian anggaran BPKD, bahwa dapat disediakan anggaran tak terduga yang bisa digunakan untuk keadaan yang sangat darurat. Dan anggaran itu boleh di gunakan untuk pembentukan tim ini, maka dari itu siapkan segala sesuatunya, SK, rincian alat dan barang yang diperlukan mulai dari Dinas Kesehatan, RSUD dan juga puskesmas,” kata Basyaruddin.

Dalam rapat persiapan itu, lanjut dia, pihaknya masih terkendala pengadaan masker dan baju khusus penanganan pasien yang diduga terkena Corona. Masker menjadi barang langka yang sulit didapatkan dipasar, ditambah lagi jika pun ada, harganya bisa naik drastis.

Kepala BPBD Aceh Tamiang Syahri, menyebutkan, pihaknya hanya memiliki 1.000 masker yang merupakan sisa dari kasus asap beberapa waktu lalu. Menurutnya, jumlah tersebut sementara dirasa cukup untuk digunakan oleh para petugas nantinya, sedangkan untuk dibagikan kepada masyarakat tidak ada.

Pewarta: Irwan

Shares: