News

Pemkab Aceh Utara Komit Tingkatkan Semangat Literasi

LHOKSUKON (popularitas.com) – Wakil Bupati Aceh Utara membuka kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional Republik Iindonesia, di Aula Pang Lateh Lhoksukon, Rabu, 23 Oktober 2019.

Panitia menghadirkan narasumber dari Perpustakaan Nasional, dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Aceh, dan dari Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Aceh Utara.

Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Upriadi mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, yang selama ini telah memberikan perhatian terhadap penumbuhan minat baca bagi masyarakat di daerah ini.

Kegiatan itu, kata dia bermaksud mendorong masyarakat untuk mencintai budaya lokal, mencintai buku, serta menjadikan perpustakaan sebagai sahabat terbaik dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

Dikatakannya, perkembangan perpustakaan saat ini mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat desa merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap peningkatkan kegemaran membaca dalam masyarakat.

“Perkembangan perpustakaan sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengatakan kegiatan safari pembudayaan kegemaran membaca diharapkan dapat mengangkat motivasi anak sekolah, siswa, para remaja, generasi muda dan masyarakat dalam menumbuhkan minat baca.

Kata Fauzi Yusuf, masyarakat kita saat ini mulai ter-alienasi dari karakter gemar membaca, sehingga sangat membutuhkan kegiatan seperti ini untuk menumbuhkan kembali minat baca mereka.

“Mari kita upayakan bersama agar generasi muda mempunyai semangat untuk mencintai perpustakaan. Perpustakaan harus dibangun dengan baik dan didekatkan dengan masyarakat,” ajaknya.

Dalam hal ini, lanjutnya, Pemkab Aceh Utara akan terus menggelorakan semangat literasi dan budaya gemar membaca, demi menyiapkan generasi milenial yang cakap dan berwawasan luas.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara Drs Yusri melaporkan bahwa kegiatan Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca itu, dilaksanakan berkat kerjasama Perpustakaan Nasional dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara.

Pada kesempatan itu, panitia juga menampilkan dua seni tradisi lokal Aceh untuk memotivasi para hadirin. Yakni tarian saman dan seni tradisi lisan (syair Aceh) oleh Grup Seung Sam Lakoe, yang mendapat sambutan decak kagum para peserta yang hadir.

Kegiatan tetsebut turut dihadiri oleh ratusan masyarakat peminat literasi, dari kalangan Kepala Sekolah, perguruan tinggi, pengelola perpustakaan gampong, perpustakaan sekolah, peminat literasi, tokoh masyarakat, LSM, Ormas dan OKP. (C-006)

Shares: