News

Pemkab Pidie bersihkan tumpukan material banjir

Beko Long Arm milik PUPR Pidie saat membersihkan material banjir di bawah jembatan (PUPR Pidie)

POPULARITAS.COM – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Pidie pada Kamis (25/1/2023) sore hingga malam hari tidak hanya mengakibatkan bencana banjir di beberapa kecamatan di daerah setempat.

Namun material banjir seperti rumpun bambu serta potongan batang pohon dan sampah-sampah lainnya juga memenuhi bawah jembatan di Gampong Puli Utue, Kecamatan Pidie.

Akibat penumpukan material banjir di bawah jembatan Puli Utue Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Lala itu membuat proses aliran surut air pun mengalami kendala.

Mengetahui kondisi tersebut Sekretaris daerah (Sekda) Pidie Samsul Azhar mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk melakukan pembersihan atau normalisasi material banjir di bawah jembatan Gampong Puli Utue itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Pidie, Buchari mengatakan, material banjir baik rumpun bambu, batang pohon yang menutupi DAS Krueng Lala itu telah dilakukan pembersihan pada Jumat (26/1/2024).

“Material banjir yang menutup DAS Krueng Lala itu kemarin langsung sudah kita bersihkan atau normalisasi,” kata Kepala Dinas PUPR Pidie, Sabtu (27/1/2024).

Pembersihan itu dilakukan dengan menggunakan alat berat jenis Excavator Long Arm.

Panjang material bencana alam banjir yang menutupi DAS Krueng Lala sepanjang 20 meter lebih dan yang paling banyak terjadi penumpukan di bawah jembatan Gampong Puli Utue.

“Saat ini kondisi sungai di wilayah itu sudah normal kembali setelah kita lakukan pembersihan,” jelasnya.

Shares: