News

Pemkab Pidie Jaya tangani erosi di Ara

Alat berat saat beroperasi di kerusakan tebing sungai dan badan jalan Gampong Ara akibat erosi. Foto: Modleg/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya melakukan penanganan darurat kerusakan tebing sungai atau erosi di Gampong Ara, Kecamatan Bandar Baru, kabupaten setempat.

Penanganan erosi Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Putu yang hanya berjarak delapan meter dengan perumahan penduduk itu mulai dilakukan sejak Sabtu (16/12/2023).

Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi mengatakan, perbaikan tebing yang mengalami erosi itu guna mencegah terjadi luapan air sungai ke pemukiman penduduk.

“Karena adanya laporan masyarakat kondisinya tebing dan badan jalan rusak akibat bencana alam kita perbaiki secara darurat dulu agar tidak terjadi banjir di perkampungan warga saat musim hujan,” kata Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi, Rabu (20/12/2023).

Penangan itu sendiri lanjut Waled, merupakan tindak lanjut dari laporan dan permintaan masyarakat yang mengharapkan pemerintah memperbaiki erosi tersebut.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya, Muhammad Nur mengatakan, pekerjaan penangan darurat erosi Krueng Putu itu meliputi pemasangan pancang kelapa.

Kemudian dilakukan penimbunan badan jalan sepanjang sekira 60 meter yang sudah tergerus akibat luapan air sungai.

“Sesudah ditimbun juga memakai sirtu di atas timbunan tanah,” katanya.

Amatan popularitas.com, Selasa (19/12/2023) kemari, satu alat berat jenis Excavator tampak sedang beroperasi di lokasi erosi tebing sungai Gampong Ara tersebut.

Shares: