News

Pemkab Pidie pastikan Jalan Lampoh Saka-Waido diperbaiki tahun 2024

Kondisi jalan Waido. Foto: popularitas.com

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie memastikan, kerusakan ruas jalan Lampoh Saka- Waido Kecamatan Peukan Baro dan Simpang Tiga, setempat akan diperbaiki tahun 2024 mendatang.

Soalnya anggaran untuk peningkatan dan pemeliharaan dua ruas infrastruktur transportasi darat di dua kecamatan itu telah tersedia yang bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie, Buchari melalui Kepala Bidang Bina Marga Risnandar mengatakan, usulan pemeliharaan dan peningkatan dua ruas jalan tersebut melalui DAK telah disetujui Kementerian.

Bahkan dana tersebut sudah dituangkan ke dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (R-APBK) tahun 2024.

Tidak hanya itu, kegiatan dari usulan Non tematik atau konektivitas daerah tersebut telah memiliki Rencana Kegiatan (RK) DAK 2024.

“Dua ruas Lampoh Saka-Simpang Tiga dan Lampoh Saka-Waido saat ini telah ada RKnya,” kata Kabid Bina Marga Risnandar, Jumat (1/12/2023).

Kata dia, penanganan prioritas ruas jalan yang saling terhubung antara dua kecamatan, Peukan Baro dan Simpang itu adalah badan-badan jalan yang rusak.

Panjang ruas jalan Lampoh Saka-Simpang Tiga yang akan dilakukan peningkatan dan pemeliharaan seluar 6,3 Kilometer. Sedangkan Lampoh Saka Waido sepanjang 3,5 Km.

“Penanganan prioritas pada badan jalan yang mulai rusak berat,” jelasnya.

Dengan sudah tersedianya anggaran sumber DAK itu dia berharap tidak ada kejadian seperti wabah COVID-19 yang menyerang Indonesia beberapa tahun lalu, hingga berujung dilakukan pemotongan anggaran oleh Pemerintah Pusat.

“Mudahan-mudahan tidak ada lagi kejadian seperti COVID kemarin, sehingga dana tersebut tidak dipotong,” harapnya.

Shares: