EkonomiNews

Pemkab Pidie salurkan bantuan Rp2,9 miliar untuk UMKM tahun 2023

Pemkab Pidie salurkan bantuan Rp2,9 miliar untuk UMKM tahun 2023
Ilustrasi foto Pelaku UMKM (ANTARA FOTO/Rahmad)

POPULARITAS.COM – Sebanyak 47 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pidie, telah dapatkan bantuan pengembangan usaha senilai Rp2,9 miliar di tahun anggaran 2023. Pembiayaannya berasal dari pokok pikiran dewan yang tertuang di APBK daerah tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Cut Afnidar, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UKM) Pidie, dalam keterangannya, Rabu (18/10/2023) dikutip dari laman Antara.

Dia menyebutkan, bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM di Pidie, diantaranya semabko, teratak, kursi, peralatan fotocopy, becak, mesin jahit dan alat fotografer serta mesin pembuat kue.

Saat ini, katanya, dari total anggaran tersebut, sudah terserap Rp2,7 miliar. Jadi sisa dana yang tersedia Rp120 juta. Namun, kegiatannya juga sudah dijalankan, hanya tinggal realisasi keuangannya saja, tambah Cut Afnidar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie, Aceh, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) telah menyalurkan bantuan dana pengembangan sebanyak Rp2,9 miliar untuk 47 UMKM di kabupaten setempat.

Penerima bantuan tersebut disalurkan sesuai dengan SK Bupati serta telah dilakukan verifikasi lapangan. Kemudian, setelah diterima pemerintah juga dilaksanakan pemantauan secara berkala.

Dirinya berharap, bantuan yang diberikan tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga usahanya semakin berkembang. Apalagi kedepannya tidak ada lagi bantuan serupa.

“Jadi untuk pelaku UMKM, ke depan kita fokuskan pembinaannya melalui pendampingan, pelatihan, serta fasilitas izin legalitas usaha,” demikian Cut Afrianidar.

Editor : Hendro Saky

Shares: