HukumNews

Pemotor mengaku anggota TNI lepaskan tembakan saat cekcok di Bogor

Senjata air soft gun yang digunakan ID saat terlibat perselisihan di Jalan Raya Cijayanti, Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/7/2023). (ANTARA/HO-Humas Polres Bogor)

POPULARITAS.COM – Seorang pria yang mengaku anggota TNI berinisial ID (33) melepas tembakan saat terlibat perselisihan atau cekcok dengan pengendara lain pada Minggu (9/7/2023) di kawasan Bogor.

Video yang merekam aksi pria yang mengaku anggota Koramil Kramatjati itu kemudian viral di media sosial. Kepolisian Sektor Babakanmadang, Polres Bogor, Jawa Barat akhirnya turun tangan menangani perkara itu.

Kapolsek Babakanmadang AKP Susilo Tri Wibowo menjelaskan bahwa pihaknya memeriksa ID setelah diserahkan oleh warga ke kantornya karena terlibat perselisihan dengan pengendara lain pada Minggu (9/7/2023).

Ia membeberkan, hasil pemeriksaan menyatakan bahwa ID bukan seorang anggota Koramil ataupun anggota TNI, melainkan berstatus warga sipil.

“Pelaku yang mengaku sebagai anggota, kami pastikan tidak benar. Jadi yang bersangkutan ini hanya mengaku-ngaku saja sebagai anggota Danramil Kramatjati,” ungkap Susilo, dikutip dari laman Antara, Senin (10/7/2023).

Kemudian, hasil pemeriksaan terhadap senjata yang diacungkan dan ditembakkan ke udara oleh ID saat terlibat perselisihan, yaitu merupakan air soft gun jenis P. Bertta, Cat 5802 – MOD – 84F Cal. 9.

“Proses pemeriksaan terkait kepemilikan dan asal-usul senjata air soft gun yang dimiliki pelaku ID ini pun masih kita dalami lebih lanjut,” ujarnya.

Usai diperiksa, ID mengakui kesalahannya dan menyampaikan permohonan maaf karena sudah berlaku arogan layaknya koboi jalanan saat terlibat perselisihan.

AKP Susilo mengungkapkan bahwa perselisihan antara ID dengan pengendara motor lain dari Team Motor NMAX juga telah diselesaikan secara damai di Kantor Polsek Babakanmadang. Kedua belah pihak, kata dia, sepakat saling memaafkan dan tidak menuntut di kemudian hari.

Peristiwa perselisihan ID dengan pengendara lain terjadi di Jalan Raya Cijayanti, Babakanmadang, Kabupaten Bogor, pada Minggu (9/7). Saat itu arus lalu lintas sedang padat karena jalur tersebut merupakan alternatif menuju Kawasan Wisata Puncak.

ID yang merupakan salah satu pengendara sepeda motor kemudian terlibat perselisihan dengan rombongan team motor NMAX yang sedang membantu sopir bus memarkirkan kendaraannya.

Kemudian, ID melepaskan tembakan ke udara dan mengaku sebagai anggota Koramil Kramatjati. Namun, saat dimintai kartu identitas anggota, ID tidak dapat menunjukkan.

“Langsung rombongan team motor NMAX dibantu warga mengamankan pelaku membawa dan menyerahkan ke Polsek Babakanmadang,” kata AKP Susilo.

Shares: