Peneliti Israel ciptakan robot dengan indera penciuman

POPULARITAS.COM – Para peneliti Israel dari Universitas Tel Aviv University, ciptakan robot yang miliki kemampuan indera penciuman. Hal tersebut merupakan pertama kalinya di dunia sebuah robot dapat mendeteksi bau.

Pihak peneliti dari Tel Aviv University, dalam penjelasannya dikutip dari Kantor Beriet Xinhua, robot yang diciptakan tersebut, dapat mendeteksi bau dengan menggunakan bio-sensor.

Robot itu bahkan, tambahnya peneliti itu, dapat mengirimkan sinyal listrik yang dapat diklasifikasikan menurut jenis baunya.

Dalam sejumlah eksperimen, para peneliti menghubungkan sensor biologis, yang dibuat berdasarkan antena belalang, ke sebuah sistem elektronik.

Dengan menggunakan algoritme pembelajaran mesin, mereka menyortir bau dengan sensitivitas 10.000 kali lebih tinggi dibandingkan berbagai perangkat elektronik yang ada.

Dengan demikian, sistem biohibrid baru tersebut mampu mengidentifikasi berbagai macam bau, seperti geranium, lemon, marzipan, dan bahkan beberapa jenis wiski Scotch, kemudian para peneliti mampu membuat, melalui pembelajaran mesin, sebuah “perpustakaan” bau.

Sistem tersebut bergabung dengan robot pendengaran, yang dikembangkan oleh tim itu sekitar dua tahun lalu, dengan kedua sistem tersebut kemungkinan mengarah pada perkembangan serupa yang terkait indra penglihatan dan peraba, menurut para peneliti.

Robot-robot yang dilengkapi sejumlah indra ini akan mampu melindungi kehidupan manusia dan mengidentifikasi banyak bahaya, seperti bahan peledak, obat-obatan, bencana alam, dan penyakit, kata mereka.

 

Editor : Hendro Saky

 

Comments
Loading...