HeadlineNews

Perdana, Pasien Covid-19 Bakal Melahirkan di RSUDZA

Oktober, Pagebluk Covid-19 di Pidie Jaya Mulai Terkendali
Ilustrasi - Petugas medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan pasien yang diduga terinfeksi virus Corona (COVID-19) melintas di depan ruang isolasi sementara di Banda Aceh, Aceh, Rabu (18/3/2020). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Seorang pasien virus corona atau Covid-19 berinisial Za (24), asal Kabupaten Nagan Raya bakal melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

Wakil Direktur Pelayanan RSUDZA, Endang Mutiawati, melalui Koordinator Pelayanan Tim PIE Covid-19, Novina Rahmawati mengatakan, Za sebelumnya dirujuk dari RS Nagan Raya, karena hasil PCR mandiri di laboratorum penyakit infeksi Fakultas Kedokteran Unsyiah pada 11 Agustus 2020 hasilnya positif.

“Saat ini pasien sedang menunggu proses melahirkan di UGD Pinere,” kata Novina dalam keterangannya, Kamis, 13 Agustus 2020.

Ia menjelaskan, selama proses persalinan, pasien akan diawasi dengan ketat oleh bidan, perawat dan dokter spesialis obgyn (kandungan). Secara umum, saat ini pasien dalam kondisi baik.

“Dokter spesialis anak juga sudah bersiagakan untuk merawat sang bayi jika lahir nanti,” jelas Novina.

Ia mengatakan, Za merupakan pasien pertama Covid-19 yang akan menjalani proses melahirkan di RSUDZA. Sejak ruang isolasi tambahan Pinire 3,4,5 dan kamar operasi khusus untuk pasien Covid-19 diresmikan pada 10 Agustus 2020, RSUDZA sudah kedatangan 2 pasien rujukan yang melakukan operasi perdana.

Kata Novina, pasien pertama yang menjalani operasi adalah Zl (60), yang menjalani operasi Craniotomi dengan dokter Penanggung Jawab Pasien ( DPJP) Bustami pada 11 Agustus 2020.

“Dan 12 Agustus 2020 denga DPJD Yusuf operasi laparatomi. Kedua pasien pasca operasi saat ini dirawat di RICU RSUDZA,” ujar Novina.

Dalam kesempatan itu, Novina juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa Covid-19 benar adanya. Karena itu, ia meminta masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan dan berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir.

“Semoga Allah memberi kesembuhan kepada 2 orang pasien positif Covid yang telah menjalani operasi dan memberi kelancaran dan keselamatan bagi pasien positif Covid-19 yang akan melahirkan,” pungkasnya. [acl]

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: