News

Pesawat tempur Inggris, intersep Tu-142 milik Rusia

Pesawat tempur Inggris, intersep Tu-142 milik Rusia
Arsip foto - Gambar yang diambil dari video dan disiarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, memperlihatkan dua pesawat perang Prancis Mirage 2000 dan Rafale dilacak oleh jet tempur Rusia Su-27 di ruang udara internasional di atas Laut Hitam, Kamis (9/12/2021). Video diambil tanggal 9 Desember 2021. (ANTARA/REUTERS/RUSSIAN DEFENCE MINISTRY.)

POPULARITAS.COM – Angkatan Udara Inggris, klaim pihaknya berhasil melakukan intersep atau mencegat dua pesawat tempur pengembom jarak jauk milik Rusia Tu-142. 

Menurut pernyataan Kementrian Pertahanan Inggris, Senin (14/8/2023) dilansir laman Antara, dua pesawat tempur Tu-142 milik Rusia, lintasi udara Skotlandia Utara. Selanjutnya, pihaknya menerbangkan Jet Typhoon dari RAF Lossiemouth guna lakukan pencegahan.

Insiden tersebut, terjadi pada Senin (14/8/2023) pagi. Saat itu, pesawat pengebom maritim jarak jauh Rusia transit di Kepulauan Shetland.

Pesawat patroli maritim Rusia Tu-142 Bear-F dan Tu-142 Bear J, digunakan untuk pengintaian dan perang anti-kapal selam, dipantau oleh Typhoon RAF di wilayah udara internasional saat mereka melewati utara Inggris,” tambah pernyataan itu.

James Heappey, menteri Angkatan Bersenjata, mengatakan kru RAF di Lossiemouth “menjaga pengawasan konstan” atas wilayah udara Inggris.

Sementara itu, Kapal tanker Voyager juga bereaksi cepat dan tetap mengudara selama misi untuk menyediakan pengisian bahan bakar di udara.

“Ketika alarm untuk reaksi cepat berbunyi pada pagi dini hari, adrenalin mulai beraksi,” sebut seorang pilot RAF yang tidak disebutkan namanya dalam pernyataan.

Beberapa saat kemudian, Typhoons dan Voyager kembali ke pangkalan, tambah pernyataan itu.

Shares: