Dinas Kebudayaan dan Pariwisata AcehNews

Peserta Tour De Aceh diperkenalkan objek wisata

Peserta Tour De Aceh diperkenalkan objek wisata
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almunizal Kamal, saat melepas keberangkatan para peserta Tour De Aceh tahun 2023, Minggu (11/3/2023). FOTO : Disbudpar Aceh

POPULARITAS.COM – Sebanyak 317 peserta Tour De Aceh kategori sepeda santai, diperkenalkan sejumlah objek wisata yang terdapat di Banda Aceh. Kegiatan yang berlangsung, Sabtu (11/3/2023) itu, secara resmi mengambil garis start di Ulee Lheue Park, dan dilepas oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Almunizal Kamal.

Para peserta tour de Aceh tahun 2023 kali ini, turut diramikan sejumlah pesepada dari Jogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Dengan menempuh jarak sejauh 12,4 kilometer, para peserta diajak berkeliling sejumlah situs dan objek wisata, seperti PLTD Apung, Museum Tsunami, Masjid Raja Baiturrahman, dan juga Museum Aceh.

“Tour de Aceh hari pertama ini menjadi ajang pengenalan bagi para peserta di luar Aceh terhadap objek-objek wisata di Banda Aceh dan juga sebagai ajang pemanasan untuk ketegori road race besok,” ujar Kadisbudpar Aceh, Almunizal Kamal, Sabtu (11/3/2023).

Tour de Aceh 2023 turut diikuti pesepeda dari berbagai provinsi di Indonesia, di antaranya Sumatera Utara, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.  

Kemudian, peserta Tour de Aceh tahun ini juga bakal dimeriahkan oleh pesepada road bike dari Malaysia dan Italia. Mereka masing-masing membawa nama klub untuk mengikuti kategori individual road race.

“Ada 70 komunitas yang mengikuti ajang ini. Dalam kategori road race ada 315 peserta telah mendaftar dan telah mencapai batas. Sementara untuk kategori sepeda santai hari ini diikuti lebih dari 371 peserta,” ucapnya.

Shares: