News

Petani Aceh Besar dukung sukses PON 2024, Shiyamusyamsi : Tak ada Kendala jadwal tanam, kita jalan terus

Petani Aceh Besar dukung sukses PON 2024, Shiyamusyamsi : Tak ada Kendala jadwal tanam, kita jalan terus
Shiyamusyamsi, Ketua Kelompok Tani Al Falah, Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Sejumlah petani yang tergabung dalam berbagai kelompok tani (Poktan) di Aceh Besar, menyatakan dukungannya untuk suksesnya penyelenggaraan PON 2024.

Ketua Poktan Al Falah, Shiyamusyamsi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/4/2024) mengatakan, terkait dengan polemik Surat Panitia PON-Aceh-Sumut yang berisikan penundaan periode tanam padi Mei-September 2024 atau dilakukan sesuai penyelenggaraan PON, pihaknya menegaskan bahwa, masyarakat Aceh Besar sangat mendukung even olah raga nasional tersebut bisa terselenggara dengan sukses di Aceh.

Nah, sehubungan dengan akan digunakannya kawasan Aceh Besar sebagai salah satu venue cabang olah raga Dayung di kawasan Waduk Keliling Kuta Cot Glie, pihaknya menilai hal tersebut bukan satu persoalan besar. Sebab, katanya, jumlah sawah yang memanfaatkan air irigasi dari waduk tersebut cakupannya tidak begitu luas.

Apalagi, katanya kemudian, selama musim kering yang terjadi di Aceh, para petani banyak memanfaatkan sumber air lainnya untuk kebutuhan mengairi sawah-sawah mereka.

“Sebagai petani, kami sangat mendukung sukses PON 2024. Pagelaran even itu merupakan martabat kita orang Aceh sebagai tuan rumah,” tukasnya.

Ia menerangkan, sawah-sawah yang memanfaatkan air dari waduk keliling sebenarnya tidak begitu luas. Toh, selama musim kemarau beberapa waktu lalu, masyarakat memanfaatkan tadah hujan dan juga lewat pompanisasi.

Sebelumnya, banyak yang merespon terkait usulan pergeseran masa tanam, disebabkan pelaksanaan cabang olahraga dayung venuenya di Waduk Keliling Gampong Bak Sukon Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Dengan alasan untuk  menjaga ketinggian (elevasi) permukaan air waduk.

Shares: