News

Pijat sakit gigi, ketahui cara tepat melakukannya

Ilustrasi sakit gigi. Foto: Aladokter

POPULARITAS.COM – Pijat sakit gigi merupakan salah satu bentuk pengobatan alternatif yang dipercaya dapat membantu mengatasi keluhan sakit gigi. Selain mampu meringankan rasa nyeri yang muncul, pijat sakit gigi juga bisa meredakan berbagai keluhan lainnya, seperti nyeri pada wajah dan sakit kepala.

Pijat sakit gigi dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu atau yang dikenal dengan teknik akupresur. Akupresur sendiri adalah teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok yang diketahui memiliki beragam manfaat kesehatan, salah satunya meredakan sakit gigi.

Meski belum diketahui secara pasti mekanismenya, pijat sakit gigi dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah, sehingga otot di sekitar gigi yang terasa sakit menjadi rileks dan menyebabkan rasa nyeri yang muncul menjadi berkurang.

Metode alternatif ini dapat Anda lakukan di rumah, baik itu sendiri atau dengan bantuan orang lain. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara pijat sakit gigi yang tepat agar khasiat dari metode ini bisa dirasakan secara maksimal.

Cara Melakukan Pijat Saki Gigi

Pijat sakit gigi dapat dilakukan secara langsung menggunakan tangan. Namun, Anda juga bisa menggunakan alat bantu khusus akupresur untuk melakukan metode ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pijat sakit gigi hanya dilakukan dengan menekan beberapa bagian tubuh atau yang disebut titik akupresur. Oleh sebab itu, jika Anda menekan bagian tubuh yang tidak tepat, keluhan sakit gigi mungkin saja tidak dapat diatasi.

Berikut ini adalah beberapa titik akupresur yang dapat mengatasi keluhan sakit gigi seperti dikutip dari aladokter:

1. Small intestine 18 (SI18)
Titik small intestine 18 merupakan titik akupresur yang terdapat di wajah. Letaknya di tulang pipi yang sejajar dengan bagian bawah hidung. Area ini sering disebut “lubang tulang pipi”.

Selain mampu meredakan nyeri akibat sakit gigi, menekan titik ini juga dapat membantu mengatasi gusi bengkak.

2. Stomach 6 (ST6)
Titik stomach 6 terletak di bagian ujung tulang rahang, tepatnya sejajar dengan mulut dan daun telinga. Anda harus menutup mulut dengan rapat agar bisa menemukan titik akupresur yang satu ini.

Berkat letaknya yang dekat dengan bagian mulut dan gigi, menekan titik stomach 6 sering dilakukan untuk membantu mengatasi permasalahan pada kedua area tersebut, salah satunya meredakan nyeri akibat sakit gigi.

3. Gall bladder 21 (GB21)
Titik akupresur selanjutnya yang dapat ditekan ketika melakukan pijat sakit gigi adalah titik gall bladder 21. Titik ini terletak di bagian tepi atas bahu.

Adapun manfaat dari menekan titik GB21 adalah meringankan beberapa keluhan lain akibat sakit gigi, yaitu nyeri di wajah dan sakit kepala.

4. Large intestine 4 (LI4)
Pijat sakit gigi juga dapat dilakukan dengan menekan titik large intestine 4 yang berada di antara ibu jari dan telunjuk. Menekan titik ini diketahui dapat mengurangi rasa nyeri, termasuk nyeri akibat sakit gigi.

Tak hanya itu, menekan titik LI4 juga diketahui dapat mengatasi beragam masalah kesehatan lainnya, seperti meredakan stres, migrain, maupun sakit kepala.

5. Stomach 36 (ST36)
Berbeda dengan titik stomach 6, titik akupresur yang satu ini terletak di bagian bawah lutut. Untuk menemukannya, Anda bisa meletakkan telapak tangan di lutut dan biasanya posisi jari kelingking Anda berada adalah lokasi dari titik ST36.

Menekan titik ini diketahui dapat meringankan nyeri akibat sakit gigi, mengatasi gangguan tidur, hingga mengobati stroke.

Setelah mengetahui berbagai titik akupresur yang dapat ditekan, Anda kini sudah bisa melakukan pijat sakit gigi. Dalam pelaksanaannya, Anda harus menekan atau memijat titik-titik di atas dengan cukup kuat.

Anda bisa mengulanginya beberapa kali sampai berbagai keluhan akibat sakit gigi berkurang dan pastikan untuk berhenti jika rasa sakit muncul pada titik yang sedang Anda pijat.

Selain pijat sakit gigi, terdapat beberapa pengobatan alternatif lainnya yang diduga bisa membantu mengatasi sakit gigi, di antaranya berkumur dengan air garam, melakukan kompres dingin dengan es batu, atau mengunyah bawang putih.

Namun, perlu Anda ingat, baik pijat sakit gigi maupun pengobatan alternatif lainnya hanya berfungsi untuk mengurangi berbagai keluhan akibat sakit gigi, sehingga tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan kondisi tersebut.

Oleh sebab itu, jika keluhan tak kunjung membaik setelah 2 hari meski sudah melakukan pijat sakit gigi, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Terlebih jika sakit gigi yang Anda rasakan disertai oleh demam, kesulitan menelan, atau gusi berdarah.

Shares: