EkonomiNews

PIM target produksi 500 ribu ton pupuk NPK per tahun

Beroperasi pada Desember 2022, PIM target produksi 500 ribu ton pupuk NPK per tahun
PIM target produksi 500 ribu ton pupuk NPK per tahun
Direktur Operasi dan Produksi PT PIM, Jaka Kirwanto (tengah). Foto: Riska Zulfira/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Direktur Operasi dan Produksi PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM), Jaka Kirwanto menyebutkan produksi pupuk Nitrogen Phospor dan Kalium (NPK) PT PIM di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun akan diupayakan beroperasi pada Desember 2022, dengan target produksi 500 ribu ton per tahun.

Ia juga menyebutkan, proses pembangunan sudah rampung hingga 90 persen. Hal ini disampaikan Jaka usai menerima kunjungan Pj Gubernur Aceh di Aula PT PIM, Senin (24/10/2022).

“Pembangunan NPK sudah 90 persen, insyaallah November nanti sudah mulai mekanik-mekanik asupan dan Desember mulai produksi seratus persen,” kata Jaka.

Jaka menjelaskan, produksi pupuk akan difokuskan untuk memenuhi kebutuhan subsidi, dan kemudian untuk kebutuhan ekspor.

“Distribusinya diutamakan untuk subsidi terlebih dahulu, dan sebagiannya untuk ekspor,” tambah Jaka.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki menjelaskan, masih ada sejumlah persoalan yang belum selesai hingga saat ini di daerah itu.

“Saya mendengar bahwa penyertaan dari saham PT Pelindo dengan Pertamina belum dibahas, namun saat ini sudah dibahas,” ujar Gubernur.

Achmad Marzuki mengharapkan, dengan adanya industri tersebut, daerah ujung pulau Sumatera ini maju dan Sejahtera.

“Ya kita harapkan Aceh maju dan rakyatnya sejahtera. Juga nanti saat lauching Presiden kita, Bapak Jokowi dapat berhadir,” tuturnya.

Seperti diketahui, PT PIM ini bergerak dalam industri, perdagangan, dan jasa dibidang perpupukan, petrokimia dan kimia lainnya.

Shares: