NewsSyariat Islam

Pj Bupati Aceh Besar ajak ulama perangi praktek ribawi

Pj Bupati Aceh Besar ajak ulama perangi praktek ribawi
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, saat beri sambutan pada acara pendidikan kader ulama (PKU) di Aula Dekranasda, Senin (5/6/2023). FOTO : Humas Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, ajak para ulama di daerah itu, untuk ikut bersinergi dengan pemerintah dalam upaya memberantas praktek ribawi.

Hal tersebut disampaikan Muhammad Iswanto saat buka pendidikan kader ulama (PKU) yng diselenggarakan oleh MPU Aceh Besar, Senin (5/6/2023) di Aula Dekranasda daerah setempat.

Menurut Iswanto, sinergita umara dan ulama penting dalam memerangi dan membrantas praktek-praktek riba yang selama ini masih berlangsung ditengah masyarakat. Salah satunya adalah dengan memberikan edukasi lewat ceramah-ceramah agama kepada warga.

Dia mencontohkan, praktek ribawi banyak terjadi di tengah masyarakat saat ini. Terutama keluhan para pedagang yang terjerat pratek riba karna kebutuhan pembiayaan modal usaha.

Disatu sisi, ujarnya kemudian, pemerintah akan terus berkerja dengan bermitra kepada pihak-pihak terkait untuk mengatasi persoalan itu. Bisa lewat skema saling menguntungkan dan terhindar dari praktek yang merugikan masyarakat.

Namun tentu saja, peran ulama harus kita kedepankan, terutama untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang dalil bahaya riba lewat berbagai ceramah-ceramah agama.

Iswanto juga berharap penguatan dalam penegakan syariat Islam harus terus dilaksanakan secara bersinergi antara lintas sektor serta lembaga terkait. 

“Upaya pencegahan maksiat dan saling mengingatkan melalui sosialisasi harus terus digalakkan dalam mewujudkan penegakan Syariat Islam,”

Shares: