News

Pj Bupati Aceh Besar pimpin Apel Siaga Satlinmas dan Pembekalan Pemilu

Pj Bupati Aceh Besar pimpin Apel Siaga Satlinmas dan Pembekalan Pemilu
Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM bertindak selaku Inspektur Apel Siaga Satlinmas dalam rangka pelaksanaan Pemilu Serentak dan dilanjutkan dengan Pembekalan Pemilu tahun 2024 di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho, Selasa (30/1/2024). FOTO-PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Selasa (30/1/2024), pimpin Apel Siaga Satlinmas dan Pembekalan Pemilu 2024. Acara yang diikuti 3.736 personil Satlinmas itu, dilangsungkan di Lapangan Bungong Jeumpa, Kota Jantho.

3.736 personil Satlinmas yang mengikuti apel siaga tersebut, terdiri dari 2.528 orang sebagai petugas di 1.264 TPS, serta 1.208 personil sebagai Satlinmas gampong.

Hadir dalam Apel Siaga tersebut, unsur forum komunikasi pimpinan daerah, seperti Kajari Aceh Besar, Basril G, Ketua PN Jantho Deny Syahputra, serta unsur dari KIP, Panwaslu, camat dan jajaran Polsek serta Danramil.

Dalam apel siaga itu, Pj Muhammad Iswanto ingatkan tentang pentingnya tugas Satlinmas saat hadapi Pemilu 2024 yang akan berlangsung beberapa hari kedepan. Untuk itu, dirinya memberikan apresiasi atas tugas-tugas yang nanti diemban para petugas tersebut saat sebelum hingga sesuah hari pencoblosan.

Tugas Satlinmas sangat berat, sebab keberadaan para personil tersebut harus memastikan keamanan, ketentraman dan ketertiban di TPS. Jadi, Satlinmas merupakan Garda terdepan suksesnya Pemilu 2024 di Aceh Besar, tambah Muhammad Iswanto.

Melalui kesempatan itu, Iswanto juga mengajak setiap anggota Satlinmas untuk menjalin hubungan yang baik dengan semua pihak terkait, termasuk petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara), PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan, serta masyarakat sekitar. Dengan membangun komunikasi yang baik, dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan akurat, serta mendukung langkah-langkah pencegahan potensi masalah di TPS.

Satlinmas juga diharapkan untuk benar-benar memahami kondisi setiap TPS di wilayah tugas masing-masing. Mengetahui struktur masyarakat, potensi konflik, serta dinamika sosial, guna membantu melakukan deteksi dini kemungkinan adanya gangguan keamanan dan ketertiban. Oleh karena itu, diharapkan kepada Satlinmas untuk terlibat aktif dalam kehidupan masyarakat setempat, membangun kepercayaan, dan merespon dengan bijak terhadap setiap perubahan atau potensi masalah.

Shares: