News

Pj Bupati Aceh Besar tanam padi serentak di Blang Bintang

Pj Bupati Aceh Besar tanam padi serentak di Blang Bintang
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan Danlanud SIM, Kol PnB Yoyon Kuscahyono, saat tanam padi serentak di kawasan Blang Bintang, Kamis (16/11/2023). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama dengan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Sultan Iskandar Muda Kol Pnb Yoyon Kuscahyono, memimpin pelaksanaan penanaman padi serentak di kawasan Blang Bintang, Kamis (16/11/2023).

Melalui kegiatan itu, Pj Muhammad Iswanto sampaikan terimakasih kepada Danlanud SIM Kol Pnb Yoyon Kuscahyono, yang telah menginisiasi pelaksanaan penanaman padi serentak di Kecamatan Blang Bintang.

“Sebagai pimpinan daerah, saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Danlanud atas prakarasanya ini,” kata Pj Muhammad Iswanto.

Ia menyebutkan, upaya-upaya perluasan areal lahan tanam padi sangat penting. Langkah tersebut mendukung program yang telah dicanangkan Pemkab Aceh Besar untuk wujudkan ketahanan pangan.

Pj Muhammad Iswanto juga mengajak masyarakat untuk bersyukur kepada Allah SWT, sebab kala daerah lain dilanda kekeringan, Aceh Besar masih bisa menanam padi serentak seperti yang hari ini dilakukan.

Tentu saja, sambungnya, ketersediaan air baku dan dukungan infrastruktur irigasi menjadi syarat penting, sehingga pelaksanaan penanaman padi dapat kita lakukan saat ini.

Pj Muhammad Iswanto juga menyampaikan, pihaknya akan membangun balai persinggahan di kawasan persawahan di Blang Bintang pada 2024 mendatang. Hal serupa telah dilakukan Pemkab Aceh Besar di Indrapuri dan Seulimuem pada 2023.

Sementara itu, Danlanud SIM Kol Pnb Yoyon Kuscahyono menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan para petani di kawasan ini untuk mengubah pola dan cara cocok tanam guna mengembangkan kawasan pertanian yang modern.

“Terimakasih dan apresiasi yang sangat besar juga kami ucapkan kepada Pj Bupati Aceh Besar atas dukungannya selama ini, semoga kerjasama ini bisa lebih dioptimalkan dan ditingkatkan dalam mendukungdan menyukseskan program pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Komandan juga mengatakan tujuan penanaman padi serentak ini sebagai alih teknologi dalam meningkatkan swasembada pangan bagi kelompok tani binaan Lanud SIM.

Shares: