NewsSyariat Islam

Studi pelaksanaan syariat Islam, Ulama Thailand kunjungi Mahkamah Syar’iyah Aceh

Studi pelaksanaan syariat Islam, Ulama Thailand kunjungi Mahkamah Syar’iyah Aceh
Wakil Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh, Darmansyah Hasibuan, saat beri cinderamata kepada perwakilan dari Majelis Ulama Sanggara Thailand, Kamis (16/11/2023). FOTO : Humas MS Aceh

POPULARITAS.COM – Sebanyak 33 pemuka agama islam dari Majelis Ulama Sanggara Thailand, kunjungi Kantor Mahkamah Syar’iyah (MS) Aceh. Kehadiran mereka dipimpin langsung oleh Tuan Guru H Abdullah dan H Zakaria.

Kedatangan Majelis Ulama Sanggara Thailand ke Kantor MS Aceh tersebut, Kamis (16/11/2023) disambut langsung oleh Wakil Ketua Darmansyah Hasibuan.

Sementara itu, Ketua MS Aceh Rafiuddin dan Sekretaris Hilman Lubis, mengikuti pertemuan secara daring. Hal tersebut disebabkan keduanya tengah melakukan kunjungan kerja ke Kutacane, Aceh Tenggara.

Ketua MS Aceh Rafiuddin, saat memberikan sambutan secara daring, ungkapkan rasa haru dan bangga kepada Majelis Ulama Sanggara Thailand, sebab sempatkan diri berkunjung ke kantor Mahkamah Syar’iyah Aceh.

Ia juga meminta maaf tidak dapat menyambut secara langsung kehadiran para ulama dari Thailand, sebab dalam agenda kerja ke salah satu kabupaten di Aceh.

“Kami jajaran hakim di MS Aceh merasa terhormat dikunjungi oleh ulama dari Thailand,” ujarnya.

Dia menyebutkan, salah satu keistimewaan Aceh dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, yakni keberadaan Mahkamah Syar’iyah. Saat ini, sambungnya lagi, terdapat 10 jenis perkara yang ditangani oleh kelembagaan MS di Aceh. Hal tersebut sesuai dengan aturan pelaksanaan yang diatur dalam Qanun Nomor 6 tahun 2014.

“Ini kekhususan Aceh yang membedakan peradilan diluar daerah ini,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Rafiuddin, terdapat 23 Mahkamah Syar’iyah ditingkat kabupaten dan Kota, serta satu Mahkamah Syar’iyah tingkat banding di provinsi.

Harapan kami, pertemuan antara pihaknya dengan Majelis Ulama Sanggara Thailand, dapat saling bertukar pikiran dan merajut silatuhrami dalam upaya penegakan hukum syariat di masing-masing negara.

Selanjutnya Tuan Guru H. Abdullah Rais Jami’ah Majelis Ulama Sanggara Thailand Tuan Guru H. Abdullah mengucapkan terima kasih atas lawatan Mahkamah Islamiah wilayah Tenggara Thailand dan rombongan dengan tujuan bersilaturrahim sebagai sunnah Rasulullah SAW.

“Kedatangan kami untuk melihat keadaan pelaksanaan syariat Islam di Aceh, kami bangga dengan Aceh yang berhasil bangkit dari Tsunami dan menjadi contoh bagi banyak negara, khususnya bagi kami di Thailand,” ucapnya.

Editor : Hendro Saky

Shares: