News

PKUB: Kerukunan Umat Beragama di Aceh Singkil Terjalin Baik

Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama RI Nifasri saat memberi keterangan kepada wartawan di Banda Aceh, Sabtu (3/10/2020). (Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama RI Nifasri mengatakan, kondisi kerukunan umat beragama di Aceh Singkil terjalin dengan baik.

Jika memang ada gejolak, menurutnya, hal itu hanya riak kecil yang disebakan karena miskomunikasi.

Hal tersebut disampaikan Nifasri setelah berkunjung ke Aceh Singkil untuk melihat langsung kondisi kerukunan umat beragama di kabupaten tersebut, Jumat, 2 Oktober 2020.

“Kami sudah bertemu dengan tokoh agama, masyarakat, pemda, Kemenag Aceh Singkil, dan ormas FPI. Dalam pertemuan tersebut, mereka menyampaikan kerukunan umat beragama di Aceh Singkil terjalin dengan baik,” ujar Nifasri di Banda Aceh, Sabtu (3/10/2020).

Kata Nifasri, permasalahan kerukunan umat beragama di Aceh Singkil tidak seperti yang beredar di media sosial. Ia berharap, semua pihak untuk sama-sama menjaganya.

“Gesekan-gesekan dipicu dari kita juga. LSM-LSM mengeluarkan pernyataan hingga viral di medsos, masyarakat memandang ini benar-benar parah terjadi, sehingga memancing terjadi konflik lebih besar,” ujarnya.

Dalam kesemlatan itu, Nifasri menjelaskan, Indonesia memiliki kearifan lokal yang harus dihargai dan dikedepankan yaitu musyawarah.

“Kalau musyawarah dibiasakan di masyarakat kita, selesai masalahnya, apalagi kita bicara soal agama. Agama membawa kebaikan bukan membuat orang bermusuhan,” ujarnya.

Untuk mencegah munculnya riak-riak dan gesekan di masyarakat, kata Nifasri, masyarakat harus mengedepankan moderasi beragama serta menghormati penganut agama lainnya.

“Moderasi beragama artinya cara pandang kita dalam beragama secara moderat, tidak ekstrim, tidak ekstrim kanan atau ekstrim kiri,” katanya.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Singkil, Saifuddin dalam keterangannya, Sabtu (3/10/2020) menyambut baik kedatangan kepala PKUB Kemena RI untuk melihat kondisi ril kerukunan umat beragama di Aceh Singkil.

“Kankemenag Singkil saat ini terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, FKUB dan tokoh agama untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan rumah pendeta di Danau Paris,” pungkasnya.

Editor: dani

Reporter: Muhammad Fadhil

Shares: