News

PMI Banda Aceh suplai darah untuk empat daerah

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh, Ratna Sari Dewi mengatakan, pihaknya saat ini aktif menyuplai darah untuk rumah sakit dan klinik di empat kabupaten/kota di Aceh.
Besok, PMI Banda Aceh undi hadiah sepmor untuk pendonor
Ilustrasi, tenaga kesehatan mendonorkan darah pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Dinkes Pidie, Senin (15/11/2021). (Nurzahri/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh, Ratna Sari Dewi mengatakan, pihaknya saat ini aktif menyuplai darah untuk rumah sakit dan klinik di empat kabupaten/kota di Aceh.

“Saat ini PMI Banda Aceh menyuplai darah ke Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, dan Aceh Jaya, dengan kebutuhan darah 100-150 kantong per hari,” katanya dalam keterangan, Rabu (2/2/2022).

Karena itu, PMI Kota Banda Aceh hampir setiap hari menyelenggarakan aksi donor darah. Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah percaya dengan PMI Kota Banda Aceh.

“Kami akan berusaha untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Ratna.

PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah. Jadwal donor darah yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh setiap hari diupdate di akun instagram PMI Kota Banda Aceh (@pmikotabandaaceh).

Sementara bagi masyarakat yang ingin melihat stok darah di PMI Kota Banda Aceh bisa melalui aplikasi Rumoh Pendonor yang tersedia di Google Play Store.

Kumpulkan darah 4.024 kantong

PMI Kota Banda Aceh pada bulan Januari 2022 lalu mencatat perolehan donasi darah terbanyak selama lembaga kemanusiaan ini berdiri di Banda Aceh.

Selama bulan Januari, total donasi darah yang terkumpul ialah sebanyak 4.024 kantong.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pendonor sukarela yang telah mendonorkan darahnya di PMI Kota Banda Aceh.

Dia menilai, perolehan donasi darah yang tinggi ini karena kesadaran masyarakat untuk berdonor sudah semakin baik.

“Selama tiga bulan terturut-turut donasi darah yang kami terima terus bertambah. Ini sangat baik bagi kita semua. Saya mengapresiasi dan berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada masyarakat karena sudah percaya dengan layanan dan kinerja PMI,” ujar Dedi.

Data PMI Kota Banda Aceh, selama November 2021 lalu PMI Kota Banda Aceh berhasil mengumpulkan darah sebanyak 3.099 kantong.

Sementara selama Desember 2021 perolehan darah meningkat mencapai 3.813 kantong. Perolehan donasi darah kembali meningkat pada Januari 2022 dengan perolehan mencapai 4.024 kantong.

Dedi menjelaskan, selama beberapa bulan terakhir, PMI Kota Banda Aceh menggencarkan aksi dan sosialisasi donor darah.

Sosialisasi dilakukan di sekolah-sekolah dengan harapan pelajar kelas 3 tingkat SMA yang telah cukup syarat agar mendonorkan darahnya.

“Kita ingin menggalakkan donor darah di lingkungan pemuda. Bulan lalu kita lakukan donor darah di empat SMA di Banda Aceh. Alhamdulillah antusias mereka untuk donor sangat baik,” kata Dedi.

Ia berharap ke depan masyarakat dan anak muda bisa membiasakan donor darah rutin sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

“Donor darah selain bermanfaat untuk diri sendiri juga bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain,” katanya.

Shares: