News

Polresta Banda Aceh ingatkan warga agar rumah tak kosong saat mudik, Kapolres : Bisa titip Bhabinkamtibmas

Polresta Banda Aceh ingatkan warga agar rumah tak kosong saat mudik, Kapolres : Bisa titip Bhabinkamtibmas
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Jajaran Kepolisian Resor Kota Banda Aceh, ingatkan warga agar tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kosong saat mudik. Hal tersebut guna hindari kejahatan seperti pencurian, kebakaran dan atau gangguan lainnya. 

Hal tersebut disampaikan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli dalam keterangannya, Kamis (28/3/2024) di Banda Aceh. 

Kapolresta menambahkan, bagi warga yang hendak mudik namun tidak ada yang jaga juga, bisa juga titip sama petugas Bhabinkamtibmas,” katanya menambahkan.

Saat ini, tambahanya, berdasarkan deteksi yang dilakukan pihaknya, ada potensi peningkatan kriminalitas jelang lebaran idulfitri. Untuk itu, Polresta Banda Aceh, melalui Bhabinkamtibas telah memberikan himbauan kepada warga untuk lebih waspada, terutama menjaga keamanan pribadi dan harta benda.

Sebab, kata dia, selain upaya pihak kepolisian, kewaspadaan sejak dini dari warga sendiri merupakan hal yang sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya berbagai kejahatan.

Apalagi saat lebaran, sebagian besar warga akan mudik ke kampung halaman masing-masing atau ke tempat keluarga di berbagai daerah. Bahkan, tak jarang warga memanfaatkan libur dan cuti bersama untuk berlibur.

Saat mudik atau liburan, umumnya warga akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Karena itu, untuk mengantisipasi rumah agar tak menjadi sasaran pencurian, perlu kewaspadaan sejak dini dari pemilik rumah.

“Kewaspadaan yang bisa dilakukan, antara lain seperti memastikan rumah yang kita tinggalkan terkunci dengan baik dan menitipkan ke tetangga atau petugas keamanan, serta melapor ke aparat desa setempat,” tuturnya.

Bagi warga yang tidak mudik atau berlibur, hendaknya dapat berkoordinasi dengan aparat desa setempat atau pihak terkait lain tentang perlu tidaknya melakukan ronda di lingkungan masing-masing.  “Hal ini termasuk salah satu cara mencegah atau mempersempit kesempatan terjadinya berbagai kejahatan, yang tidak kalah penting adalah warga segera lapor ke polisi terdekat jika melihat orang mencurigakan di lingkungannya,” katanya.

Shares: