HukumNews

Polresta Banda Aceh siapkan pengamanan optimal pada Pemilu 2024

Partai Adil Sejahtera Aceh daftarkan sengketa pemilu ke MK
Pemilu 2024. Foto: ANTARA

POPULARITAS.COM – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh mempersiapkan pengamanan optimal pada setiap tahapan Pemilihan Umum 2024, agar pesta demokrasi di daerah Tanah Rencong itu dapat berlangsung dengan baik.

“Kita dari kepolisian tetap mendukung dan membantu, tentunya mem-backup untuk masalah keamanan yang ada di Pemilu 2024 ini,” kata Kabag Ops Polresta Banda Aceh Kompol Yusuf Hariadi dikutip dari laman Antara, Rabu (21/6/2023).

Pernyataan itu disampaikan Kompol Yusuf di sela-sela rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Banda Aceh, bersama Komisi Independen Pemilihan (KIP), perwakilan partai politik peserta Pemilu, Bawaslu, TNI serta perwakilan Forkopimda Banda Aceh.

Ia menjelaskan, dengan penetapan DPT tersebut, tentu selangkah lebih dekat dengan hari pencoblosan pemilu pada 14 Februari 2024.

Tentunya, polisi akan tetap melakukan pengawalan dan pengaman dengan optimal, sesuai dengan aspirasi masyarakat agar semua tahapan bisa dilalui dengan baik dan profesional.

Dalam waktu dekat, Polresta Banda Aceh juga akan melakukan apel persiapan pengamanan Pemilu 2024. Pihaknya akan menempatkan personel mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga kota untuk melakukan pengamanan secara profesional.

“Kita sudah melakukan rencana penempatan personel di desa-desa, kecamatan dan kota, hanya tinggal penempatan saja di lapangan,” ujarnya.

Kabag Ops Polresta Banda Aceh itu juga berharap kepada masyarakat untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan selama Pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan amanah undang-undang.

Sebelumnya, KIP Kota Banda Aceh menetapkan sebanyak 169.146 orang daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu untuk Pemilu 2024.

“Jumlah DPT kita yang kita tetapkan rapat pleno hari ini sebanyak 169.146 orang,” kata Ketua KIP Banda Aceh Indra Milwady.

Dari 169.146 orang DPT Banda Aceh, di antaranya dengan jumlah pemilih laki-laki 81.205 orang dan 87.941 orang perempuan, dengan jumlah TPS sebanyak 618 titik tersebar di 90 desa di ibukota Banda Aceh.

Shares: